Tampung OTG, Kalsel Miliki 1.080 Tempat Karantina Khusus

Kepala Dinkes Kalsel, Muslim, memberikan keterangan tentang tempat karantina khusus, Banjarmasin, Rabu (23/9/2020). MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menyediakan hotel-hotel sebagai tempat isolasi khusus untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

“Kita sebenarnya di Kalimantan Selatan sudah melakukan prinsip-prinsip itu jauh sebelumnya. Jadi, pada 22 Maret lalu dapat satu kasus, kita sudah bergerak membuat karantina khusus itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim, usai Apel Bersama Tim Mobile TNI-Polri dan Pemprov Kalsel dalam rangka penegakan Prokes Covid-19, Banjarmasin, Rabu (23/9/2020).

Dikatakan Muslim, saat ini Pemprov Kalsel mempunyai 1.080 tempat untuk menampung pasien Covid-19 termasuk OTG yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

“Bahkan Pemprov Kalsel ada empat gedung, kalo tempat karantina atau isolasi mandiri mereka tidak memenuhi syarat, bisa dikarantina di tempat yang lebih baik secara persuasif,” ujar Muslim.

Semua biaya, lanjut Muslim, akan ditanggung oleh Pemprov Kalsel baik itu biaya obat, konsumsi, dan lainnya. Bahkan, bagi yang terdampak pemerintah juga memberikan santunan.

“Masyarakat jangan takut, jangan merasa bahwa karantina khusus itu menjadi sesuatu yang tidak nyaman. Justru pengalaman-pengalaman yang sebelumnya, mereka banyak yang senang dengan pelayanan yang diberikan,” tukas Muslim. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai