Peran Guru dalam Pembangunan SDM di Kalsel

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, memberikan sambutan pada Pembukaan Konkerprov I Tahun 2020 Masa Bakti ke-22 Tahun 2019-2024, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (3/9/2020). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengikuti Pembukaan Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) I Tahun 2020 Masa Bakti ke-22 Tahun 2019-2024 secara virtual bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Kalsel, di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (3/9/2020).

Sahbirin mengatakan, selama empat tahun ini pembangunan pendidikan di Kalsel mengalami peningkatan, terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 70,2.

Menurut Sahbirin, Guru sebagai pendidik memiliki peranan besar dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jadi kita harus bisa menghormati dan menghargai perjuangan Guru,” kata Sahbirin.

Di kondisi saat ini, Sahbirin pun mengapresiasi dedikasi Guru yang semakin diuji dengan adanya pandemi Covid-19.

“Meskipun dengan berbagai kendala demi terpenuhinya pendidikan, Guru tetap memberikan yang terbaik demi mencerdaskan anak bangsa termasuk belajar secara daring atau online,” tutur Sahbirin.

Di kesempatan itu, Sahbirin berpesan kepada Disdikbud Kalsel untuk terus memperjuangkan dan menggelorakan pendidikan sampai ke pelosok desa terpencil, yang tentunya tidak terbatas pada peran Guru saja.

“Memajukan dunia pendidikan memang menjadi komitmen bersama, tidak hanya Guru saja,” kata Sahbirin. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai