M. Azmiyanoor dan Rayda Nurlies Fatiana Terpilih Menjadi Duta GenRe Tahun 2020

M. Azmiyannoor dan Rayda Nurlies Fatiana menjadi pasangan Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Kalsel dalam Grand final pemilihan Duta GenRe Tahun 2020, Banjarmasin, Sabtu (29/8/2020). MC Kalsel/tgh

M. Azmiyannoor dan Rayda Nurlies Fatiana terpilih menjadi pasangan Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Kalsel dalam pemilihan Duta GenRe Tahun 2020.

Penyerahan tropi dan hadiah serta pengalungan rompi Duta GenRe dilakukan langsung oleh Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel, Ramlan.

M. Azmiyannoor usai acara, mengaku sangat senang dan tak menyangka akan dinobatkan sebagai terbaik pertama Duta GenRe Provinsi Kalsel Tahun 2020.

Dia mengatakan, langkah pertama setelah terpilih menjadi Duta GenRe, meneruskan program membina kaum remaja menuju generasi remaja berencana.

“Jadi kami akan mensosialisasikan tentang apa itu generasi remaja berenca kepada para remaja sebaya dan mempromosikan terkait reproduksi, bahaya seks pranikah pada remaja, baik melalui aplikasi media sosial serta kegiatan-kegiatan lainnya.,” ucap M. Azmiyannoor, Banjarmasin, Sabtu (29/8/2020).

Dikesempatan yang sama, Rayda Nurlies Fatiana sebagai Duta GenRe akan menjadi perpanjang tangan dari BKKBN Kalsel dan akan mengkampanyekan hal-hal yang menjadi tujuan utama untuk BKKBN Kalsel.

“Saya akan berlatih bersama kakak-kakak terdahulu untuk memantapkan materi dan program kerja yang akan dibawa ke nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Kalsel Ramlan menerangkan, pemilihan Duta GenRe dibuat untuk mencari pemenang yang akan menyosialisasikan program-program pemuda terutama tentang generasi berencana.

“Diharapkan para Duta GenRe ini yang akan menyosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya pendewasaan usia kawin, bahaya menikah usia muda, kriteria Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) terutama para remaja agar terhindar kehamilan tidak diinginkan seperti seks bebas, napza dan HIV/AIDS,” ucap Ramlan.

Menurut Ramlan, Kalsel sendiri masih banyak menikag pada usia yang muda. Kalsel menduduki rangking 4 setelah sulbar, kalteng, sulteng. Untuk itu, ia berharap dengan adanya Duta GenRe menjadi motivator kepada para remaja dalam mencegah tingginya angka pernikahan dini.

Selain itu Duta GenRe Kalsel yang menjadi juara ini, nantinya akan diikutkan ke tingkat nasional. Diharapkan Kalsel bisa mengukir prestasi pada ajang kali ini.

“Saya harap tahun ini bisa mengukir prestasi kembali di tingkat nasional,” tungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai