BKKBN Kalsel Gelar Pemilihan Duta GenRe Kalsel

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel menggelar Apresiasi Pemilihan Duta Genre Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, Banjarmasin, Kamis (27/8/2020). MC Kalsel/tgh

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel menggelar apresiasi pemilihan Duta GenRe Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 dengan tema “Menjadi Remaja Yang Kreatif Solutif dan Produktif untuk Masa Depan Lebih Terencana”.

Kepala Bidang KSPK BKKBN Kalsel, Elya Rahmiyati mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan pemilihan Duta GenRe pada tahun ini.

”Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia pelaksana yang tak kenal lelah atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Elva, Banjarmasin Kamis (27/8/2020).

Elva menjelaskan, bahwa pemilihan Duta GenRe ini merupakan agenda tahunan sejak Tahun 2010. Program ini juga disiapkan untuk membentuk generasi muda yang lebih berkarakter.

“Jadi pemilihan Duta GenRe diharapkan dapat membantu memecahkan persoalan remaja, serta memberikan ide-ide kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, mereka akan dijadikan sebagai figur atau motivator bagi teman sebayanya dalam mensosialisasikan permasalahan remaja seperti pernikahan dini, perilaku seks pranikah hingga penyalahgunaan Napza. Sebagian besar peserta juga telah tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja.

“Biasanya remaja jarang berbagi informasi kepada orang tua, lebih banyak curhat kepada teman sebayanya,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, M Ardani menambahkan, kegiatan pemilihan Duta GenRe diikuti 20 remaja putra dan putri di Lima Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Jadi untuk tahun ini cuma ada 5 kabupaten/kota yang siap mengirimkan perwakilannya yaitu HSU, Tapin, Balangan, Batola dan Tanah Laut,” terangnya.

Menurut Ardani, dalam pendaftaran pemilihan Duta GenRe disediakan 2 jalur yaitu mandiri dan Kabupaten/Kota. Setelah itu, semua peserta akan melakukan karantina selama tiga hari.

“Jadi, kegiatan karantina pemilihan Duta GenRe diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 27-29 Agustus 2020 dengan penerapan protokok kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai