Gubernur Kalsel Serahkan Bantuan Besek Untuk Pembungkus Daging Kurban

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor (Kanan) menyerahkan bantuan besek purun kepada perwakilan panitia kurban (kiri) di Masjid Noor, Banjarmasin, Kamis (30/7/2020). MC Kalsel/tgh

Gubernur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor menyalurkan bantuan Besek purun kepada panitia kurban di Masjid Noor, sebagai pengganti kantong plastik pada saat membagikan hewan kurban kepada masyarakat.

“Ya dalam pemotongan hewan kurban dan saat pembagian tidak lagi menggunakan kantong plastik tapi menggunakan besek dari purun,” ujar Sahbirin, Banjarmasin, Kamis (30/7/2020).

Menurut Sahbirin, penerapan besek purun ini guna mengkampayekan mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Mari kita bersama-sama mengurangi penggunaan kantong plastik dibanua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Gubernur Kalsel dalam pelaksanaan pembagian hewan kurban dihimbau tidak menggunakan kantong plastik. Tetapi menggunakan kantong pembungkus  dengan bahan ramah lingkungan.

“Jadi hari ini kita serahkan 1.000 pembungkus daging (besek purun) dan bakul kepada panitian kurban. Karena selain dari sisi ekologi untuk menjaga lingkungan, juga untuk menghidupkan perekonomian masyarakat khususnya pengrajin purun,” kata Hanifah.

Ia berharap penggunaan besek mampu mengurangi limbah plastik saat hari raya Idul Adha.

“Diharapkan kepada masyarakat agar menggunakan besek saat pengambilan daging kurban. Sehingga limbah kantong plastik dapat kita kurangi dan lingkungan tidak tercemar,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan