Jelang Tahun Ajaran Baru, Sekolah Swasta di Banjarbaru Siap Optimalkan Pembelajaran Sistem Daring

Kepala Sekolah salah satu SMP Swasta di Banjarbaru, Arif Baitika Rahman, memberikan keterangan terkait persiapan masuki tahun ajaran baru, Rabu (8/7/2020). MC Kalsel/scw

Memasuki tahun ajaran baru, sistem pembelajaran di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan masih menerapkan sistem belajar dari rumah atau pembelajaran online, baik bagi sekolah negeri maupun swasta.

Kepala Sekolah salah satu SMP Swasta di Banjarbaru, Arif Baitika Rahman, mengatakan bahwa persiapan sekolah menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021 pada 13 Juli mendatang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi kita di sekolah sudah melakukan persiapan menghadapi tahun ajaran baru tersebut mulai dari guru-gurunya, untuk mengefektifkan pembelajaran dengan menggunakan media IT,  seperti lewat instagram, google meet, zoom,” ujar Arif, Banjarbaru, Rabu (8/7/2020).

Namun demikian, Arif mengatakan pihaknya telah lebih siap melakukan pembelajaran sistem daring, dibanding dengan awal-awal masa pandemi Covid-19.

“Dibandingkan awal-awal Covid-19, tentu tahun ajaran ini dipastikan lebih optimal, karena para guru sudah mulai terbiasa dengan metode pembelajaran yang berbeda,” yakin Arif.

Dikatakan Arif, pihaknya pun telah berbagi pengalaman agar pembelajaran sistem daring bisa berjalan efektif. Tentunya, ada sejumlah kemampuan yang harus diasah, terutama terkait teknologi.

Tidak hanya sistem pembelajaran yang berubah, Arif juga mengatakan siswa siswi baru tidak menjalani masa orientasi seperti biasa.

“Pengenalan lingkungan sekolah juga dilakukan secara virtual, kecuali ada surat edaran dari Dinas Pendidikan,” kata Arif. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan