Jalin Kerja Sama, UDD PMI Banjarmasin Berupaya Jaga Ketersediaan Darah

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit, memberikan keterangan terkait donor darah, Banjarmasin, Selasa (16/6/2020).

Tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Tepat di hari tersebut, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Banjarmasin membagikan kaos kepada 20 pendonor pertama, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggelar perayaan.

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit mengatakan pihaknya terus berupaya menjaga ketersediaan darah dengan melakukan kerja sama berbagai pihak.

“Selama ini kita bekerjasama dengan TNI, Polri, Bank, dan beberapa instansi lainnya, tak terkecuali sosialisasi di media sosial dan bantuan para awak media untuk mendapatkan pendonor,” ujar Rama, Selasa (16/6/2020).

Dari kerjasama tersebut, dikatakan Rama persediaan darah UDD PMI Kalsel mulai stabil, setelah sebelumnya sempat mengalami kekurangan sebagai dampak pandemi Covid-19.

‚ÄúDari setiap kegiatan mendapatkan cukup lumayan kantong darah , sehingga persediaan darah hingga saat ini cukup stabil,” ucap Rama.

Rama berharap kondisi tersebut dapat terus dijaga dan masyarakat tidak takut untuk melakukan donor darah, mengingat pihaknya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Darah ini tidak ada pabriknya dan terus dibutuhkan setiap hari, diperlukan sedikitnya 100 kantong perhari. Hanya dari manusia lah yang dapat menolong manusia lainnya yang sedang kritis membutuhkan darah agar dapat tertolong. Yang jelas kita menerapkan protokol kesehatan,” ujar Rama. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *