Antisipasi Karhutla, Gubernur Kalsel Ingatkan Masyarakat Ikut Berperan Aktif

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (tengah) pada Apel Pengecekan Pasukan dan Sarana Prasarana Penanggulangan Karhutla di Banjarbaru, Jum’at (12/6/2020). MC Kalsel/Ar

Guna mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan, Pemprov Kalsel bersama jajaran TNI-Polri melaksanakan Apel Pengecekan Pasukan dan Sarana Prasarana Penanggulangan Karhutla di Banjarbaru, Jum’at (12/6/2020).

Usai apel tersebut, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan seluruh stakeholder terkait dapat melibatkan masyarakat untuk turut berperan aktif dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dan deteksi dini dengan melakukan pemetaan daerah rawan terjadinya Karhutla.

“Lakukan solidaritas dan sinergitas yang baik dengan unsur Pemda, TNI-Polri, stakeholder terkait melalui koordinasi, komunikasi dan kolaborasi” ujarnya.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin menindak tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan sampai proses peradilan sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Ditempat yang sama, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengutarakan apel tersebut bertujuan untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekad agar saling bergotong-royong dalam penanggulangan bahaya Karhutla.

“Penanggulangan bahaya Karhutla melalui upaya pencegahan, diperlukan langkah yang efektif dari semua stakeholder yang terlibat baik Pemerintah, TNI-Polri, Swasta dan masyarakat di Kalsel” ungkap Nico.

Langkah pencegahan Karhutla, lanjut Nico, harus diikuti dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan pengawasan dengan patroli rutin dan terjadwal ke daerah-daerah yang kemungkinan rawan terjadinya Karhutla.

“Keberhasilan dalam melaksanakan pencegahan bencana Karhutla di Kalimantan Selatan yang melibatkan seluruh personel TNI-Polri, aparat Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat harus diikuti dengan menyusun rencana aksi (Action Plan)” tuturnya.

Selanjutnya, penyusunan sistem pelaporan cepat bahaya bencana Karhutla dengan mendirikan Posko Desk yang memantau cuaca dan Karhutla sebagai sistem deteksi dini terhadap Karhutla agar berjalan secara terencana sebagai langkah antisipasi kita untuk mencegah terjadinya Karhutla di Kalsel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Danrem 101 Antasari Brigjen Infanteri Firmansyah melakukan pengecekan personel dan materiil serta simulasi pemadaman kebakaran. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan