Disdag Kalsel Awasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, saat memimpin Rapat Pembinaan Teknis Tertib Niaga dalam rangka memberikan pemahaman tentang kebijakan pengawasan perdagangan dan aplikasi teknis pengawasan kegiatan distribusi pupuk bersubsidi, sebagai bahan pelaksanaan pengawasan perdagangan tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Kalsel. MC Kalsel/scw

Perdagangan merupakan penggerak utama dalam pembangunan perekonomian nasional yang dapat memberikan daya dukung dalam meningkatkan produksi dan pendapatan serta memperkuat daya saing.

“Peranan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam perdagangan sangat penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi,” ujar Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan, Birhasani saat membuka Rapat Pembinaan Teknis Tertib Niaga, Banjarmasin, Kamis (11/6/2020).

Salah satu peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi dengan memberikan subsidi di sejumlah sektor, termasuk subsidi pupuk untuk pertanian.

Subsidi tersebut dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan petani, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan hasil atau produksi.

“Kegiatan barang bersubsidi di sektor pertanian sepanjang tahun tidak berhenti, tujuannya lebih besar untuk melindungi konsumen agar terjamin ketersediaan pangan dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET),” kata Birhasani.

Namun demikian, Birhasani mengatakan perlu pengawasan dalam penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran.

‚ÄúPupuk bersubsidi memakai uang negara,maka perlu dilakukan pengawasan. Pengawasan pupuk bersubsidi yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan melibatkan TNI, KPK, dan BPK,” ucap Birhasani.

Kepala Disdag Kalsel tersebut juga menyebutkan akan ada sanksi tegas bagi para pelanggar aturan pengadaan dan penyaluran pupuk subsidi.

“Sanksi yang diberikan pelaku usaha yang tidak mentaati aturan diantaranya dicabut ijin usaha kegiatan perdagangannya, setelah sebelumnya pelaku usaha diberikan teguran tertulis terlebih dahulu sebanyak 2 (dua) kali,” tegas Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih