Pemko Banjarmasin Terima Bantuan Ventilator Portabel dari PSMTI Kalsel

Ketua PSMTI Kalsel, Herman Chandra (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan ventilator portabel kepada Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (kanan) di Lobby Balaikota Banjarmasin, Selasa (26/5/2020). MC Kalsel/Jml

Kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Kota Seribu Sungai terus mengalir. Kali ini, Pemerintah Kota Banjarmasin menerima bantuan tiga unit ventilator portabel dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesi (PSMTI) Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Selasa (26/5/2020).

Tiga unit ventilator portabel itu nantinya akan diserahkan ke tiga rumah sakit di Kota Banjarmasin yaitu RSUD Ulin, RSUD Ansari Saleh, dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan pemerintah kota sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PSMTI Kalsel tersebut.

“Alat ventilator ini sangat diperlukan, memang saat inipun kita sangat terbatas sekali, tapi semoga dengan ventilator bantuan dari PSMTI Kalsel ini bisa membantu pasien-pasien yang saat ini sedang dirawat,” kata Ibnu.

Sementara itu Ketua PSMTI Kalsel, Herman Chandra mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemesanan ventilator portabel sejak dua bulan lalu, namun sempat dibatalkan oleh pabrik ventilator terkait.

“Kita pesan sudah dua bulan lalu, namun sempat dibatalkan oleh pabriknya dan harganya naik dua kali lipat. Karena diurus oleh PSMTI pusat yang punya hubungan dengan pabriknya di China akhirnya kita diprioritaskan,” ujar Herman.

Seperti diketahui, Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan, sehingga ventilator sangat diperlukan rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19.

“Covid-19 merupakan penyakit pernapasan, jadi yang diperlukan adalah ventilator. Kita yakin seluruh rumah sakit disini akan kekurangan jika pasiennya banyak,” tukas Herman. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan