Kabupaten Tanah Laut Tambah 9 Kasus Covid-19 dan 1 Pasien Sembuh

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Muslim, menyampaikan perkembangan terkini Covid-19, Banjarbaru, Jumat (1/5/2020). Tim GTPP Covid-19 Kalsel

Kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan kembali meningkat. Tercatat, ada tambahan 9 terkonfirmasi positif dan 1 pasien sembuh yang semuanya disumbang oleh Kabupaten Tanah Laut.

“Ada penambahan sebanyak 9 kasus yang semuanya adalah hasil tracing dari Tanah Laut. Saat ini dilakukan karantina khusus. Kemudian pada sore hari ini juga bertambah yang sembuh yaitu dari Tanah Laut (KS-Covid63) yang diisolasi secara mandiri,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim, Jumat (1/5/2020).

Dengan penambahan tersebut, terkonfirmasi positif Covid-19 di Banua sampai hari ini berjumlah 179 kasus. Dari angka itu, 145 kasus diantaranya sedang dalam perawatan, baik yang dirawat di rumah sakit sebanyak 38 kasus dan isolasi mandiri atau karantina khusus berjumlah 107 kasus. Sementara, 24 pasien telah sembuh dan 10 meninggal dunia.

Selanjutnya untuk PDP mengalami penambahan sebanyak 4 pasien dibanding angka kemarin, sehingga jumlahnya menjadi 23 pasien.

“Penambahan ini terdiri dari PDP yang dirawat di RSUD Ulin sebanyak 2 yang berasal dari Banjarmasin dan Banjarbaru, kemudian 2 di RSUD Ratu Zalecha Kabupaten Banjar,” terang Muslim.

Sementara itu, Muslim kembali menyatakan bahwa dengan digunakannya BBTKLPP sebagai laboratorium uji sampel terduga Covid-19 di Kalsel, sangat membantu dalam mempercepat konfirmasi hasil pemeriksaan.

“Kalau kita bandingkan dengan pada saat kita masih belum melakukan pemeriksaan di BBTKLPP maka selama 2 minggu kita hanya mampu mengonfirmasi hasil pemeriksaan 66 spesimen. Saat ini, selama kurang lebih 4 minggu, ada sekitar 906 spesimen yang dapat kita lakukan pemeriksaannya,” tukas Muslim. Tim GTPP Covid-19 Kalsel/MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *