Tiga Daerah di Kalsel Akan Susul Terapkan PSBB

Juru Bicara Covid-19 Provinsi Kalsel, M Muslim dalam siaran persnya, Sabtu (25/4). MC Kalsel

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin membuat beberapa daerah di Kalsel ingin menerapkan PSBB yaitu, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala.

Untuk menindaki tiga daerah di Kalsel yang menginginkan penerapan PSBB tersebut, Pemprov Kalsel tengah mempersiapkan dokumen. “Jadi kami saat ini mempersiapkan dokumen dan sedang dilakukan verifikasi dan sudah ditanda tangani oleh Gubernur, setelah itu kita ajukan ke Menteri Kesehatsn, ” kata Juru Bicara Covid-19, M Muslim dalam siaran persnya, Sabtu (25/4).

Selain itu Kata Muslim Per 24 April kemarin, Banjarmasin telah resmi menerapkan PSBB setelah mendapat persetujuan dari Kemenkes RI. Masifnya penyebaran virus menular ini membuat Pemprov Kalsel kemudian mengusulkan zona-zona merah lainnya yang menyumbang banyak kasus positif Covid-19.

“PSBB yang dilakukan di Banjarmasin tentu saja akan kita lakukan evaluasi bagaimana efektivitasnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, sejak diberlakukan PSBB hingga hari ini, diketahui belum sepenuhnya masyarakat dispilin akan aturan yang ditetapkan pemerintah kota. Masih banyak yang tidak menggunakan masker saat berada di luar dan juga terlihat dari padatnya arus lalu lintas di beberapa wilayah.

“Jadi masih terdapat beberapa warga yang belum disiplin seperti tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah, arus lalu lintas masih padat begitu pula dengan beberapa hal lainnya,” terangnya.

Untuk itu ia berharap aparat dapat lebih maksimal dalam melakukan penegakan pelanggaran aturan PSBB. Sebab, ini adalah bagian dari upaya memutus rantai penularan dengan memberikan pembatasan-pembatasan kepada area-area tertentu.

“Diantaranya adalah yang berkaitan dengan angkutan. Kemudian tempat-tempat kerumunan dan daerah tertentu yang harus betul-betul dibatasi,” tegasnya.

Oleh karena itu, Ia berepsan kepada seluruh masyarakat agar mengikuti anjuran dan ketentuan yang telah disampaikan oleh walikota Banjarmasin. Terlebih, dalam kebijakan pemerintah yang telah menyiapkan bantuan dana dan logistik untuk warga yang terdampak Covid-19.

“Mari kita bersama-sama mendukung PSBB, lebih banyak diam di rumah. Apalagi pada saat ini masa bulan Ramadan, saat-saat lebih banyak beribadah di rumah saja,” pesannya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan