Pemprov Kalsel Tunggu Pengajuan PSBB Dari Kabupaten/Kota

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Muslim, menjelaskan tentang PSBB, Banjarbaru, Kamis (9/4/2020). Tim GTPP Covid-19 Kalsel

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19 sedemikian rupa, untuk mencegah kemungkinan meluasnya penyebaran virus.

Sehubungan dengan hal tersebut, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim mengatakan saat ini Pemprov Kalsel masih menunggu usulan dari kabupaten/kota terkait PSBB.

“Jika yang mengajukan ini kabupaten/kota, maka ini dapat dilakukan pengajuan secara langsung dengan tembusan kepada Gubernur Kalsel. Kami mendapat informasi ini sedang dalam proses,” ujar Muslim, Banjarbaru, Kamis (9/4/2020).

Sesuai dengan Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, PSBB meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi serta pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

“Oleh karena itu tentu saja ini membutuhkan analisa situasi dengan mempertimbangkan berbagai hal dan ini dapat diajukan kalau sudah lintas kabupaten/kota, yang kemudian akan diajukan oleh provinsi ke Kemenkes, kemudian nanti akan dibentuk oleh Kemenkes. Kita masih menunggu terkait dengan pengajuan PSBB,” kata Muslim.

Untuk kebijakan yang lebih masif terkait pengendalian Covid-19, Muslim mengatakan saat ini telah dikeluarkan surat edaran dari Gubernur untuk kabupaten/kota tentang upaya apa saja yang mesti dilakukan.

“Hari ini juga ada edaran yang menguatkan didalam upaya kita memantapkan agar masyarakat tetap di rumah. Ada edaran dari Gubernur yang disampaikan kepada Bupati/Wali Kota dan tentu saja masyarakat,” ucap Muslim.

Tidak lupa Muslim juga mengimbau masyarakat Kalsel untuk tetap melakukan physical distancing dan social distancing dengan cara berdiam diri di rumah, melakukan isolasi mandiri, menghindari kerumunan, dan menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah.

“Kemudian juga salah satunya adalah selalu di pagi hari terkena sinar matahari untuk meningkatkan imunitas dan mengkondisikan mengkonsumsi makanan bergizi,” tukas Muslim. Tim GTPP Covid-19 Kalsel/MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan