Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Banjar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat umum atau publik di Depan Kantor Sekda Kabupaten Banjar, Selasa (24/3/2020). MC Kalsel/tgh

Guna untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum.

Pelepasan armada penyemprotan tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Kabulaten Banjar, Khalilurrahman dan didampingi oleh tim gugus tugas penaganan Covid-19 di depan kantor Sekda Kabupaten Banjar, Selasa (24/3/2020).

Khalilurrahman mengatakan hari ini kita bersama-sama melepas mobil tangki disinfektan Kabupaten Banjar yang merupakan langkah preventif dalam penyebaran pandemi covid-19 di lingkungan masyarakat.

“Penyemprotan disinfektan diharapkan menjadi salah satu cara pemutus mata rantai penyebaran virus korona di lingkungan masyarakat Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Ia berpesan kepada petugas yang melaksanakan penyemprotan ataupun pengamanan, agar saat turun kelapangan turut mensosialisasikan kepada masyarakat cara mencegah dan terhindar dari virus Covid-19, seperti menghimbau selalu mencuci tangan dengan baik dan benar, ataupun membuat cairan disinfektan yang dibuat secara mandiri dengan bahan alami.

“Semoga negara Indonesia, khususnya Kabupaten Banjar, dijauhkan dari segala macam bencana musibah, wabah dari segala macam penyakit dan hal buruk lainnya serta pandemi virus Covid-19 ini cepat berakhir,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, mengatakan penyemprotan pertama pelaksanaan dalam rangka memutus mata rantai dan sterilisasi wilayah yang dimanfaatkan oleh orang banyak, seperti mushola, masjid dan pondok pesantren dan fasilitas publik secara bergiliran.

Ia mengharapkan 14 hari efektif tanggap darurat dijalankan kita sudah dapat pemetaan mata rantai kita putus. Jadi kita tangani secara preventif dan bisa mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya.

“Kita bekerja berdasarkan data yang ada. Data kita mulai dari fasilitas publik dan ditempat alur penyebaran ODP dan PDP, disitu kita masuk lebih dahulu,” pungkasnya.

Untuk diketahui penyemprotan ini menurunkan beberapa personil diantaranya, Satpol PP, Damkar, BPBD, Dishub dan Dinas Kesehatan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan