Satu PDP Positif, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel Intensifkan Pelacakan

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 Kalsel, Muslim (ujung kiri) memberikan keterangan terkait perkembangan Covid-19 di Kalimantan Selatan pada konferensi pers, Banjarbaru, Minggu (22/03/2020). MC Kalsel/Jml

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan kode Ulin-1 yang dirawat selama sepekan terakhir di RSUD Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 (Corona).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim pada konferensi pers di Banjarbaru, Minggu (22/03/2020) siang, menyusul keluarnya hasil tes pasien Ulin-1 dari Litbang Kemenkes RI di Jakarta.

Menurut Muslim, virus tersebut diduga kuat menginfeksi pasien Ulin-1 ketika yang bersangkutan sedang berada diluar daerah beberapa waktu sebelum dirawat.

“Pasien Ulin-1 merupakan warga Banjarmasin dengan jenis kelamin laki-laki dan berumur 40an. Yang bersangkutan sendiri memang punya riwayat perjalanan keluar daerah yang terpapar,” terang dia.

Dijelaskan Muslim, bahwa saat ini pihaknya telah melakukan perawatan terhadap pasien Ulin-1 sesuai dengan SOP yang ditentukan, termasuk menjalankan prosedur isolasi.

Selain itu, Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 Kalsel juga akan melakukan tracking (pelacakan) terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien Ulin-1 tersebut.

“Kita akan lebih intensifkan lagi tracking khususnya yang bersangkutan dengan pasien Ulin-1, terutama di sekitar tempat dia tinggal dan tempat dia beraktivitas,” kata Muslim.

Lebih jauh, Muslim menjelaskan per tanggal 21 Maret 2020 atau Sabtu kemarin jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) di Kalsel meningkat dari 123 orang menjadi 362 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 6 orang.

“Per jam 10 pagi kemarin jumlah ODP di Kalsel ada 362 orang dan PDP ada 6 orang. Dari 6 orang PDP, 1 orang dinyatakan positif serta 1 orang dinyatakan negatif (Covid-19) namun telah meninggal dunia pada tanggal 18 Maret lalu, sementara 4 orang sisanya masih menunggu hasil tes dari laboratorium Litbang Kemenkes RI di Jakarta,” tutur Muslim.

Melihat kondisi itu, Muslim pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya terhadap kebersihan diri dan lingkungan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan