Peran Ayah Penuhi Asupan Anak Lewat Lomba Masak Sarapan Bergizi

Para pemenang berfoto bersama usai mengikuti kegiatan lomba masak dalam rangka memperingati hari Gizi Nasional ke-60 di Banjarmasin, Sabtu (14/3/2020). MC Kalsel/tgh

Guna meningkatkan pengetahuan tehadap pentingnya pola hidup sehat bagi anak, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menggelar lomba masak dalam rangka memperingati hari Gizi Nasional ke-60 di Banjarmasin, Sabtu (14/3/2020).

Lomba masak diikuti 14 peserta dari SKPD Provinsi Kalsel yaitu, Bappeda, Dinas PMD, Ketua PKK Kalsel, Biro Kesra, Dinas Perikanan dan Kelautan, Disbunnak, DP3A, Dinas PUPR, Disdik, Dinsos, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultural, Dinas Koperasi dan UKM dan BKKBN.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel, Nurul Ahdani mengatakan kegiatan lomba masak ini para peserta harus membuat sarapan yang sehat bagi anaknya.

“Jadi peserta diberikan bahan dasar telur dan sayur untuk membuat makanan sehat bagi anak mereka,” ucapnya.

Seorang peserta membuat masakan bergizi pada kegiatan lomba masak dalam rangka memperingati hari Gizi Nasional ke-60 di Banjarmasin, Sabtu (14/3/2020). MC Kalsel/tgh

Uniknya lomba masak kali ini lanjut Nurul, para peserta harus bapak-bapak yang terkait dalam tim koordinasi, konvergensi pencegahan dan penanganan stunting. Tujuannya bagaimana orang tua khususnya bapak-bapak apabila ibunya sibuk bekerja, diharapkan bapaknya bisa membuat sarapan yang bergizi seimbang untuk anaknya yang mau sekolah.

Oleh Karenanya lomba kali ini membuat olahan telur cepat dan bergizi yang dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa perkembangannya dan aktivitas yang banyak mengeluarkan energi. Sehingga waktunya cepat agar sempat sebelum berangkat ke sekolah, jadi berbahan dasar telur.

“Peserta membuat menu dan berbagai kreasi berbahan dasar telur. Tim jurinya ahli gizi, nanti dilihat sudah pas atau tidak komposisinya untuk energi kalori seumuran anak-anak remaja,” jelasnya.

Untuk diketahui lomba tersebut untuk juara satu diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan, juara dua Dinas Perikanan dan Kelautan, juara tiga Dinas PMD, juara harapan pertama DP3A, Juara harapan kedua Dinas Koperasi dan UKM dan Juara harapan ketiga Tim Penggerak PKK. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan