Resmikan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu Demi Kesejahteraan Petani

Bupati Banjar, Khalilurrahman menandatangani prasasti peresmian Gedung Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Desa Selat Makmur, Kab Banjar, Kamis (12/3/2020). MC Kalsel/Ar

Pembangunan gedung Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) merupakan kerjasama dari Kementerian Pertanian, Pemprov Kalsel dan Pemkab Banjar.

“Dengan diresmikannya gedung SP3T dapat membuat para petani di Desa Selat Makmur untuk mampu memproduksi padi mereka menjadi beras” kata Bupati Banjar, Khalilurrahman yang sering dipanggil Guru Khalil saat meresmikan gedung SP3T di Desa Selat Makmur, Kab Banjar, Kamis (12/3/2020).

Lanjut Guru Khalil menjelaskan Kab Banjar mempunyai potensi lahan pertanian yang sangat besar di Kalsel dengan luas wilayah 4668,50 Km dengan jumlah penduduk sekitar 550 ribu jiwa.

“Sampai saat ini juga siklus produksi masih kurang hingga 50%” ujar Guru Khalil.

Kemudian, Kab Banjar merupakan sentra beras gambut yang dikenal warga masyarakat khususnya di Kalsel karena lahan gambut sudah menjadi lahan pahumaan.

“Oleh karena itu, Kab Banjar sudah dipilih Kementerian Pertanian untuk melaksanakan program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi) dan mendapatkan bantuan yang disalurkan ke petani berupa perbaikan infrastrukturnya” sebutnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan padi atau beras merupakan kebutuhan masyarakat yang harus digerakkan.

“Mari kita gelorakan bersama-sama untuk menanam padi dan akhirnya bisa mendapatkan hasil yang maksimal” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya gedung SP3T bisa mensejahterakan masyarakat Kalsel khususnya dibidang pertanian dan hasil produksinya bisa diekspor keluar daerah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan