Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, LAPORPAMAN Edukasi ASN Kabupaten Balangan

Perwakilan Pengelola LAPORPAMAN, Chairun Ni’mah memberikan materi pada Bimtek Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Aduan Masyarakat, di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (11/3/2020). MC Kalsel/

Koordinator Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Kalimantan Selatan atau lebih dikenal dengan branding LAPORPAMAN memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Aduan Masyarakat kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Balangan.

Seluruh ASN di lingkup Pemkab Balangan terutama yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat menjadi peserta bimtek yang dilaksanakan selama dua hari, terhitung tanggal 10-11 Maret 2020 di Banjarmasin.

Mewakili LAPORPAMAN, Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Chairun Ni’mah, memberikan materi terkait aspek hukum dan teknis pengelolaan LAPOR untuk peningkatan kinerja pemerintah daerah.

“Pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparatur negara dan pastinya menunjang kualitas pelayanan publik,” terang Chairun, Banjarmasin, Rabu (11/3/2020)

Pada hari pertama bimtek, peserta mendapatkan penjelasan seputar dasar hukum pelaksanaan SP4N LAPOR, pengertiannya, serta hubungannya dengan pelayanan publik. Sedangkan pada hari kedua bimtek, peserta diajak lebih tahu tentang teknis penyelesaian aduan dan strategi publikasi LAPOR kepada masyarakat luas.

Setelah mendapatkan materi tersebut, ASN di lingkup Kabupaten Balangan diharapkan dapat memiliki jiwa melayani yang lebih tinggi sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang maksimal, dan pengelolaan LAPOR di daerah dapat terus meningkat.

Menurut Chairun, bimtek merupakan upaya awal untuk melakukan sebuah perubahan dalam pelayanan publik, sehingga pengawasan dari atasan dan koordinasi antar unit kerja juga perlu terus dilakukan.

“Dari Pemprov Kalsel akan terus melakukan tugasnya sebagai koordinator pelaksanaan LAPOR di daerah dengan terus memberikan bimbingan teknis dan monitoring dalam pengelolaan LAPOR di kabupaten/kota di wilayahnya masing-masing,” pungkas Chairun. MC Kalsel/EPN

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan