CSIRT Dinas Kominfo Kalsel Salah Satu Provinsi Percontohan Penanganan Serangan Siber Di Sektor Pemerintahan

Pranata komputer, Abdul Hafizh saat di temui di ruangan khusus Fungsional di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan. Jumat (14/2/2020).

Perkembangan CSIRT Dinas Kominfo Prov. Kalsel merupakan salah satu dari 10 Provinsi percontohan penanganan serangan siber terbaik di sektor pemerintahan.

“Diskominfo Kalsel dianggap mumpuni oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai salah satu dari 3 Provinsi yang ditunjuk sebagai Project Pilot Pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) untuk wilayah II (7 Provinsi Wilayah I) bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Gorontalo dengan meraih prestasi dua kali terbaik nasional pada kegiatan Cyber Security Drill Test yang diadakan tahun 2019 oleh BSSN dan meraih level 3 dalam penilaian Assessment Indeks Maturitas Penanganan Insiden Siber”, ujar Pranata komputer, Abdul Hafizh saat di temui di ruangan khusus Fungsional di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan. Jumat (14/2/2020).

Saat ini progress pembentukan KalselProvCSIRT, selain mempersiapkan dari segi regulasi dengan menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 188.44/078/KUM/2020 tentang Pembentukan Computer Security Incident Response Team Provinsi Kalimantan Selatan.

Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan juga telah menyiapkan infrastruktur pengamanan yang diminta oleh BSSN untuk disiapkan untuk menunjang kegiatan tim tersebut.

Pada 12 Februari 2020, tim dari BSSN telah melakukan koordinasi dan verifikasi kesiapan pembentukan KalselProvCSIRT. hasil dari kegiatan tersebut rencananya BSSN akan melakukan pengujian teknis terhadap hal-hal yang telah dipersiapkan oleh Diskominfo Prov Kalsel. MC Kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan