Antisipasi Terjadinya Bencana, Polda Kalsel Cek Peralatan Bencana


Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanan mengecek kelayakan peralatan bencana usai Apel Gelar Pasukan Operasi Kontinjensi Aman Intan 2020 di Lapangan Mako Polda Kalsel, Kamis (9/1/2020).

Polisi Daerah Kalimantan Selantan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kontinjensi Aman Intan 2020 di Lapangan Mako Polda Kalsel, Kamis (9/1/2020).

Apel tersebut langsung dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan sekaligus langsung melakukan Pengecekan Peralatan dalan Mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan.

Yazid Fanani mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personil yang menunjukkan kesiapsiagaan, melalui Apel Gelar Pasukan. “Melalui apel ini bilamana terjadi bencana alam maka dapat terdeteksi sejak dini melalui aksi kegiatan preentif, preventif, serta sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait,” kata Yazid.

Bila bencana alam terjadi, dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik. Bencana alam bersifat kontinjensi yang waktunya tidak diketahui, bencana alam juga mampu menimbulkan kerugian baik harta benda, cedera fisik, psikologi serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Untuk itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan. Sebab, pada hakekatnya penanganan bencana alam merupakan tugas pemerintah, bersama stakeholder terkait, baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD serta komponen lainnya.

“Oleh karena itu keterlibatan masyarakat juga tidak boleh diabaikan, khususnya dalam antisipasi bencana dan mitigasi alam. Persiapan masyarakat yang siap menghadapi bencana merupakan tanggungjawab dan prioritas,” ungkapnya

Menurutnya, kesiapsiagaan personil, peralatan dan koordinasi masing-masing stakeholder terkait penanggulangan bencana sangat diperlukan.

“Sehingga dalam praktek di lapangan yang sebenarnya tidak terjadi kendala dalam penanganan bencana,” tuturnya.

Yazid berharap, keterpaduan kerjasama masing-masing pihak terkait dan segenap komponen masyarakat dapat dijalankan dengan baik.

“Jadi haris didukung oleh kesiapsiagaan personil dan peralatan agar mampu dan siap menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam, sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam rencana Kontinjensi Aman Intan 2020 di wilayah hukum Polda Kalsel,” terangnya..

Oleh sebab itu, seluruh jajarannya harus siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi. “Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait, dalam penanggulangan bencana yang terjadi. Selalu siapsiaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap untuk dikerahkan baik di dalam wilayah sendiri maupun wilayah lainnya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan