Jokowi Kagumi Kemegahan Bandara Internasional Syamsuddin Noor

Presiden RI, Joko Widodo memberikan sambutan pada Peresmian Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Rabu (18/12/2019). MC Kalsel/Jml

Operasional Bandara Internasional impian warga Banua akhirnya diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, Banjarbaru, Rabu (18/12/2019) siang.

Mendarat pukul 11.39 WITA di Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Jokowi beserta rombongan langsung meninjau ke beberapa titik di Bandara Internasional tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi merasa kagum dengan luas dan kemegahan Bandara Internasional Syamsuddin Noor yang baru.

“Saya sangat kaget saat masuk Bandara baru ini. Saya juga bangga dengan keseriusan Gubernur Kalsel untuk membangun Bandara Internasional ini,” kata Jokowi.

Kekaguman Jokowi bukan tanpa alasan. Terminal yang baru memiliki luas 77.000 meter persegi, jauh jika dibandingkan dengan terminal lama yang luasnya hanya 9.000 meter persegi.

“Ini luasnya 8 kali lipat dari yang lama. Kapasitas penumpangnya juga beda jauh, yang lama hanya mampu menampung 1,3 juta penumpang pertahun, disini 7 juta penumpang per tahun, kelihatan sekali perbedaannya,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dengan pertumbuhan pergerakan penerbangan dan penumpang yang tergolong tinggi, lanjutnya, bukan tidak mungkin dalam 10 tahun kedepan harus dibangun terminal yang lebih besar.

“Pertumbuhan pergerakan penerbangan 10 persen lebih, pertumbuhan untuk penumpang 7 persen lebih. Bukan tidak mungkin 10 tahun kedepan akan dibangun terminal yang lebih gede lagi, sebab pertumbuhannya yang cepat sekali,” ucap Jokowi.

Dengan pertumbuhannya yang cepat, Jokowi pun mengimbau kepada Gubernur Kalsel agar keberadaan Bandara Internasional tersebut bisa terhubung dengan berbagai sektor seperti wisata, pertanian, serta industri besar maupun kecil.

“Bandara ini harus disambungkan dengan kawasan-kawasan yang saya sebutkan tadi. Kalau disini ada kawasan wisata, sambungkan kesana. Ada kawasan industri, sambungkan kesana. Dan itu adalah tugas provinsi, kota dan kabupaten setelah ini rampung,” pesannya.

Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menekan tombol sirine sebagai simbolis Peresmian Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Rabu (18/12/2019). MC Kalsel/Jml

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyatakan siap untuk melaksanakan pesan dari Presiden Jokowi untuk menghubungkan Bandara Internasional Syamsuddin Noor dengan kawasan yang disebutkan.

“Kita punya mindset yang sama dengan Bapak Presiden untuk mengembangkan sektor wisata dan lainnya, kita akan terus gelorakan tempat-tempat wisata yang ada di Kalsel,” imbuhnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan