Kolaborasi dengan Dunia Usaha Tumbuhkan Perekonomian Daerah

Founder OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno saat menjadi pembicara pada Talkshow Inspirasi Bisnis di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Rabu (11/12/2019) sore. MC Kalsel/scw

Pertumbuhan ekonomi di Kota Banjarbaru berada dua persen diatas pertumbuhan nasional. Hal tersebut menunjukkan kolaborasi Pemerintah Kota Banjarbaru dengan dunia usaha menghasilkan pertumbuhan yang jauh lebih berkualitas.

“Ini yang menjadi inspirasi juga buat nasional. Kalau kita membuka peluang lebih banyak kepada dunia usaha untuk berpartisipasi, bukan hanya pertumbuhan ekonomi yang baik, tapi juga lapangan kerja akan tercipta,” ucap Founder OK OCE Saindiaga Salahuddin Uno saat Talkshow Inspirasi Bisnis di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Rabu (11/12/2019) sore.

Menurut Sandi, jika sektor ekonomi terlalu didominasi oleh pemerintah, BUMN atau BUMD, menyebabkan dunia usaha tidak berkembang.

“Ini yang menjadi inspirasi yang kita bawa pulang. Mudah-mudahan di tingkat nasional akan lebih membuka peluang kepada dunia usaha,” ungkapnya.

Sandi menuturkan, kehadirannya di tempat tersebut selaku Founder OK OCE untuk melahirkan pengusaha-pengusaha yang dapat mengangkat perekonomian daerah, karena OK OCE merupakan gerakan nasional pencipta lapangan kerja yang berbasis kewirausahaan.

“Kita ingin banyak pengusaha-pengusaha sukses yang lahir di Banjarbaru khususnya untuk mengangkat perekonomian di daerah, karena zaman sekarang lapangan pekerjaan semakin sempit. Oleh karena itu, mari ciptakan lapangan kerja dengan membangun usaha sendiri,” paparnya.

Sandi juga menuturkan, OK OCE akan menghadirkan banyak sekali peluang usaha di Banjarbaru sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi dalam konsep kolaborasi.

“Karena ini bukan hanya sekedar tugas pemerintah membangun dunia usaha tetapi tugas kita semua. Kalau mau sukses usaha kita harus di daftarkan ke OK OCE. OK OCE juga memberikan berbagai macam pelatihan ekonomi kreatif dengan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Banjarbaru,” jelasnya.

Sandi melihat peluang usaha di Banjarbaru sangat bagus, mulai dari kuliner sampai kerajinan tangan seperti sasirangan bordir dan kampung purun, dimana masyarakat mengganti penggunaan plastik dengan hasil kerajinan tangan.

Dalam lima tahun kedepan, Sandi memiliki target untuk melahirkan belasan ribu pengusaha di Banjarbaru.

“Kita ingin sebetulnya untuk berkolaborasi dengan begitu banyak komunitas yang hadir disini, jika kita bisa mencetak antara 10-15 ribu pengusaha baru khususnya di Banjarbaru dalam lima tahun kedepan. Ini merupakan target yang Insya Allah bisa kita capai dengan kolaborasi bersama semua pemangku kepentingan,” harapnya.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama, One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE) dan Rumah Siap Kerja tentang Pengembangan Usaha Kreatif Terpadu. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan