Menggenggam Semangat Tradisi melalui Festival Pesona Lok Baintan

Kemeriahan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan Tahun 2019 di Dermaga Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. MCkalsel/scw

Sejak dahulu, sebagian besar masyarakat yang tumbuh dan berkembang di sekitar Sungai Martapura, tidak hanya menjadikan sungai tersebut sebagai sarana transportasi, melainkan juga sebagai sumber perputaran roda ekonomi, dengan berjualan di Pasar Terapung.

Hingga saat ini, Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Martapura, Kab Banjar masih terus dijaga dan dilestarikan serta menjadi salah satu objek wisata Kalimantan Selatan.

“Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan sendiri telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dan sudah memiliki sertifikat dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terkait hal itu, sebagai warisan budaya, Pasar Terapung Lok Baintan harus terus kita jaga dan kita lestarikan bersama,” ujar Bupati Kabupaten Banjar, Khalilurrahman saat membuka Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan yang mengangkat tema “Menggenggam Semangat Tradisi” di Dermaga Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Minggu (17/11/2019).

Menurut Khalilurrahman, Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan merupakan event tahunan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

“Jika perhelatan ini dapat menjadi warisan untuk generasi masa depan yang harus dipelihara secara berkelanjutan, maka melalui Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan, akan mengingatkan kita pentingnya melestarikan sungai, kita jaga kebersihan sungai dari pencemaran sampah rumah tangga, sehingga sungai dapat kita jadikan alat transportasi dan penggerak perekonomian masyarakat yang bersih dan nyaman,” katanya

Di kesempatan tersebut, Khalilurrahman juga mengharapkan agar Wisata Susur Sungai yang sedang dipersiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Bappedalitbang Kabupaten Banjar, yang merupakan interkoneksi dengan Wisata Susur Sungai di Banjarmasin dapat segera terwujud.

“Mudah-mudahan dapat meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Banjar, sehingga banyak destinasi wisata yang dapat disinggahi nantinya, mulai dari Banjarmasin sampai ke Martapura, tentu dengan daya tarik utama Pasar Terapung Lok Baintan,” tutupnya. MCkalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan