Peringatan HKN ke-55, Penurunan Stunting dan Pemerataan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama

Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan selaku Inspektur pada Upacara Peringatan HKN ke-55 di halaman Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (12/11/2019). MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kantor Setda, Banjarbaru, Selasa (12/11/2019).

Upacara HKN ke-55 yang mengusung tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan.

Ditemui usai Upacara HKN ke-55, Rudy mengatakan ada dua hal yang ditekankan oleh Kementerian Kesehatan RI pada HKN kali ini, yaitu pengentasan stunting, dan memperlancar jaminan kesehatan nasional.

“Kasus stunting di Kalsel sudah turun 10 persen dari rata-rata nasional, dan untuk jaminan kesehatan masih belum merata sepenuhnya,” kata Rudy.

Dibeberkan Rudy, Pemprov Kalsel akan terus berupaya agar jaminan kesehatan bisa merata, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Lebih jauh Rudy menjelaskan, indeks pembangunan kesehatan masyarakat di Kalsel naik dari rangking 31 ke 24.

“Naiknya cukup signifikan, target kita kedepannya yakni stunting harus nol, dan jaminan kesehatan harus mengcover masyarakat Kalsel,” beber Rudy.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim mengatakan menyambut HKN ke-55, ada lima program prioritas yang akan dilaksanakan oleh Dinkes Kalsel.

“Ada lima hal yang dijadikan program prioritas pertama percepatan menurunkan stunting, meningkatkan cakupan dan mutu imunisasi, menurunkan angka kematian ibu dan anak, pengendalian dan pencegahan penyakit tidak menular, dan terakhir mengeliminasi TBC,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *