Budidaya Kopi dan Kakao di Kalsel

Bimbingan Teknis Budidaya Kopi dan Kakao di Hotel Roditha, Banjarbaru, Selasa (29/10/2019). Disbunnak/MC Kalsel

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan menggelar Bimbingan Teknis Budidaya Kopi dan Kakao di Hotel Roditha, Banjarbaru, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan diikuti oleh petani kopi dan kakao, PPL serta petugas teknis dari masing-masing kabupaten. Tujuan kegiatan untuk menambah pengetahuan teknis mengenai budidaya tanaman kopi dan kakao, dengan menghadirkan narasumber dari Pusat Penelitian Kopi-Kakao (Puslitkoka) Jember, Jawa Timur.

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi menjelaskan bahwa kopi merupakan komoditas yang sangat menjanjikan, sehingga pemerintah serius untuk mengembangkan komoditas tersebut di Kalsel.

Suparmi menambahkan bahwa lahan di Kalsel sangat cocok untuk pengembangan kopi jenis robusta dan liberika. Terutama kopi liberika merupakan jenis kopi yang hidup di dataran rendah sehingga dapat memanfaatkan lahan gambut yang areanya tersebar luas di Kalsel.

Suparmi berharap kegiatan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi petani kopi dan kakao, sehingga menghasilkan kopi dan kakao yang berkualitas dan petani banua yang sejahtera.

“Kami juga akan mengadakan pelatihan bagi pekebun kakao khususnya wanita agar belajar mengenai proses pengolahan cokelat untuk industri skala rumah tangga, semoga dari hal yang kecil ini akan menjadikan sesuatu yang besar kelak,” tandasnya. Fida/Vera/Bun/Disbunnak/MC Kalsel

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *