Sosialisasi Kependudukan Pada Pelajar

Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan menyampaikan sambutan pada acara Rapat Kependudukan Kota Banjarmasin di halaman SMP Negeri 4 Banjarmasin, Selasa (29/10/2019). MC Kalsel/tgh

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel bekerja sama dengan pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Rapat Kependudukan Kota Banjarmasin di halaman SMP Negeri 4 Banjarmasin, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan mengusung tema pengendalian kependudukan melalui sinergitas pendidikan kependudukan kepada sekolah siaga kependudukan untuk mewujudkan Banjarmasin baiman.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Banjarmasin, Syahrida mengatakan sangat berbangga sekali, karena kalau dilihat dari kondisi dan lokasi SMPN 4 Banjarmasin letaknya di kampung yang cukup padat penduduknya.

Sehingga nantinya di tahun 2020 akan di canangkannya SMPN 4 Banjarmasin sebagai salah satu sekolah siaga kependudukan. Maka siswa kami mampu mendapat info dan wawasan tentang kependudukan dan keluarga berencana lebih dini.

Menurut Syahrida, sebenarnya untuk kependudukan ini sudah ada didalam mata pelajaran IPS tetapi masih di integrasikan lagi ke mata pelajaran yang lain sehingga informasi kependudukan dan keluarga berencana itu tidak hanya dipelajaran IPS tetapi keseluruh mata pelajaran.

“Sebenarnya ada bidang yang sudah mengurusinya tetapi kami selaku orang yang terkait bidang pendidikan mendukung program pemerintah untuk masalah kependudukan di kota Banjarmasin,” ujarnya.

Para pelajar SMPN 4 Banjarmasin berfoto bersama usai acara pembukaan Rapat Kependudukan Kota Banjarmasin di SMP Negeri 4 Banjarmasin, Selasa (29/10/2019). MC Kalsel/tgh

Lebih lanjut Syahrida menerangkan dalam sekolah siaga kependudukan kami memberikan info pelajaran kependudukan dalam bentuk pojok kependudukan.

“Pojok kependudukan ini adalah media penyampaian informasi seputar permasalahan kependudukan di Kalsel, harapannya para siswa dan siswi mampu ikut berupaya dan mensosialisasikan pentingnya menanggulangi angka ledakan penduduk saat ini di Kalsel,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan mengatakan BKKBN Kalsel akan turut mendukung upaya ini dengan harapan mampu menjadi percontohan bagi sekolah lain di Banjarmasin, sebagai media penyampaian infomrasi seputar permasalahan kependudukan.

“Untuk itu sekolah ini sangat menarik sekali di setiap kelas ada pojok kependudukannya,” ungkapnya.

Oleh karena itu melalui pojok kependudukan para remaja dibekali tentang ilmu-ilmu kependudukan, mereka tahu bagaimana misalnya menghindari menikah usia muda, menghindari narkoba, pergaulan bebas, seks bebas, untuk menyiapkan semua itu dalam rangka menyiapkan generasi berkualitas nantinya.

Kegiatan Rakor kependudukan ini diikuti seluruh kepala SMP Negeri maupun swasta yang ada di Banjarmasin, Camat, Lurah, dan jajaran BKKBN Kota Banjarmasin. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan