Upaya Pemerintah Kenalkan Pariwisata Kalsel Melalui Sport Tourism

Peserta Cyclist Tour de Loksado dengan rute Banjarmasin-Loksado berjarak tempuh 176 Km di Siring 0 Km, Banjarmasin, Sabtu (19/10/2019). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka mempromosikan wisata Kalsel, Dinas Pariwisata melaksanakan event Cyclist Tour de Loksado dengan rute Banjarmasin-Loksado berjarak tempuh 176 Km di Siring 0 Km, Banjarmasin, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan yang dilepas secara langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diikuti 500 peserta berasal dari 15 provinsi berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Surabaya, Makassar, Palu, Samarinda, Semarang, Kendari, Pekalongan dan Kalimantan serta daerah lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan pariwisata Kalsel perlu promosi. Salah satu strateginya yakni melalui event sport tourism.

“Jadi melalui bersepeda ini, saat mereka finish nanti akan menikmati potensi alam kita. Setelah selesai, informasi yang didapat para pesepeda ini menyebar ke seluruh nusantara,” ucapnya kepada awak media usai pelepasan peserta.

Dahnial berharap kegiatan tersebut memiliki nilai positif dan mampu mewujudkan Kalsel sebagai destinasi nasional di tahun 2020.

“Mudah-mudahan bernilai positif, mereka akan menyampaikan kepada keluarga, teman-temannya bahwa potensi alam di Kalsel adalah the legend of borneo dan kita mewujudkan kalsel sebagai destinasi nasional di tahun 2020,” katanya.

Selain itu juga, Dahnial mengungkapkan pada tahun 2020 pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Pariwisata dan telah disetujui untuk meningkatkan Tour De Loksado menjadi Trio Loksado dan masuk ke dalam kalender event pariwisata tingkat nasional.

Nantinya tak hanya kompetisi bersepeda, namun para peserta juga akan berkompetisi melalui tantangan bamboo rafting dan hiking di kawasan Loksado.

“Jadi nanti 2020 menjadi tiga kegiatan yang dikombinasi dan dipertandingkan diberi nama Trio Loksado. Ini masuk kalender event pariwisata nasional,” terangnya.

Di kesempatan tersebut Ia juga menjelaskan total hadiah yang akan diperebutkan pada Tour de Loksado kali ini senilai puluhan juta berbentuk barang seperti sepeda motor dan sepeda serta uang pembinaan Rp10.000.000.00. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan