Panen Padi di Jejangkit, Paman Birin Ingin Sejahterakan Petani

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor memberikan sambutan saat kegiatan Syukuran dan Panen Padi di Desa Jejangkit Muara, Kab Barito Kuala, Rabu (18/9/2019). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melakukan Syukuran dan Panen Padi bersama masyarakat petani di Desa Jejangkit Muara, Kab Barito Kuala, Rabu (18/9/2019).

Syukuran dan Panen Padi ini sebagai bukti keberhasilan petani dalam mengembangkan produksi di lahan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

“Keberhasilan ini juga berkat kerjasama dari semua pihak terutama gotong royong dan saling bersinergi” kata Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Paman Birin menuturkan padi ataupun beras merupakan konsumsi utama masyarakat Indonesia, apabila lahan Serasi di Desa Jejangkit selalu digerakkan akan mampu memenuhi kebutuhan beras.

“Maka dari itu, pertanian dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat” ungkapnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (tengah) memanen padi saat kegiatan Syukuran dan Panen Padi di Desa Jejangkit Muara, Kab Barito Kuala, Rabu (18/9/2019). MC Kalsel/Ar

Lanjut Paman Birin, walaupun saat ini musim kemarau kita masih bisa menanam, bergerak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak ada kesulitan untuk terus menanam karena air di Desa Jejangkit ini masih bisa dikelola” pungkasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan Syukuran dan Panen Padi di Desa Jejangkit ini merupakan kelanjutan dari Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38.

Luas lahan Serasi yang ditanam di Desa Jejangkit seluas 320 hektare ini dikerjakan oleh kelompok tani.

Pemerintah hanya sebagai fasilitator menyiapkan benih, pupuk, obat-obatan jika terjadi serangan hama. “Ini waktunya untuk dilakukan panen karena habis panen langsung tanam lagi” tuturnya.

Syamsir menjelaskan Kementerian Pertanian menjamin 3 tahun ke depan untuk diupayakan membantu para petani.

Inilah keinginan pemerintah untuk mensejahterakan petani melalui lahan Serasi” jelasnya. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan