Manfaatkan Halaman Kantor untuk Tanaman Hidroponik

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman saat temui d ikantor setempat, Rabu (11/9/2019). MC Kalsel/scw

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan memanfaatkan halaman kantor untuk membudidayakan tanaman hidroponik diantaranya sawi, terong, dan lombok. Kepala Dinas TPH Prov Kalsel, Syamsir Rahman saat ditemui di kantornya, Rabu (11/9/2019) mengatakan penggunanaan halaman untuk tanaman hidroponik memiliki keuntungan dan manfaat tersendiri.

“Jadi, ternyata apa yang kita buat disini berupa tanaman sawi hidroponik dan tanaman lainnya sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat. Dengan memanfaatkan halaman kita bisa memperoleh sayuran dan tidak perlu beli lagi,” ucapnya.

Menurutnya, dengan menanam sayuran bisa memperoleh pangan yang bergizi, halaman yang tadinya kosong tidak bermanfaat dapat dimanfaatkan dengan tehnik hidroponik sehingga dengan kapasitas yang sedikit bisa menghasilkan beragam sayuran yang menjadi komoditi di Kalsel.

“Komoditi yang kita kembangkan yaitu cabai dan terong juga tanaman sawi yang sebelumnya banyak mendatangkan dari luar, serta tanaman lainnya sekarang sudah kita manfaatkan,” tuturnya.

Di kesempatan tersebut, Syamsir Rahman mengimbau SKPD di lingkungan Prov Kalsel untuk turut serta memanfaatkan halaman untuk menanam sayuran secara hidroponik untuk mendukung sektor pertanian Kalsel.

“Kami siap membantu bagaimana cara melakukan hidroponik yang baik dan benar. Ini adalah untuk mendukung Kalimantan Selatan mapan di sektor pertanian,” ujarnya.

Selain menanam sayur, Dinas TPH Kalsel juga mamanfaatkan halaman untuk menanam anggrek. Syamsir Rahman mengajak SKPD di lingkungan Prov Kalsel untuk ikut membudidayakan anggrek dan melestarikannya.

“Kami juga menyarankan kepada seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel maupun kabupaten/kota bisa mengembangkan anggrek sebagai tanaman khas Kalimantan Selatan yang perlu kita budidayakan dan perlu kita jaga kelestariannya,” ajaknya.

“Semoga anggrek kita tetap jaya di Provinsi Kalimantan Selatan, di Indonesia maupun di luar Indonesia,” tutupnya.MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan