Pembekalan Paskibraka Kalsel

Peserta Pelatihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 di aula Bapelkes Banjarbaru, Rabu (31/7/2019). MC Kalsel/scw

Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Pelatihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 dia ula Bapelkes Banjarbaru, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah. Menurutnya, pelatihan Paskibraka merupakan sarana untuk membina diri, melatih sikap, mental maupun disiplin serta kekompakan anggota paskibraka untuk mengemban tugas pengibaran bendera pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 74 tanggal 17 Agustus tahun 2019 mendatang.

“Sebagai pasukan pengibar bendera tentu mempunyai peran yang penting, strategis, karena telah dipilih dan terpilih dari para pemuda-pemudi terbaik di provinsi Kalsel,” kata Hermansyah saat menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain membawa nama besar kabupaten/kota juga membawa nama provinsi Kalsel.

“Oleh karena itu kami berharap para paskibraka bisa mengikuti setiap tahapan-tahapan pelatihan, perintah, latihan yang dilakukan oleh para pelatih, narasumber, maupun pembimbing yang nanti akan dilaksanakan dari tanggal 31 sampai 16 Agustus yang akan datang,” Tandasnya.

Beliau berharap, melalui pelatihan paskibraka dapat mengemban semangat kebangsaan di kalangan pemuda, maupun rasa cinta tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa maupun bernegara, dapat menghadapi dampak negatif kemajuan teknologi serta pengaruh lingkungan.

Sementera itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Provinsi Kalsel, Heru Susmianto mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menumbuhkan semangat dan jiwa patriotisme serta pemahaman nilai-nilai luhur bangsa indonesia yang terdapat pada pancasila, undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945.

“Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dalam berbagai aspek pengembangan dan perluasan wawasan, memperkuat rasa nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air. Menyiapkan terbentuknya pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi Kalimantan Selatan 2019,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan Paskibraka tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 diikuti sebanyak 39 orang, terdiri dari 20 orang putera dan 19 puteri dari 13 kabupaten/kota. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli sd 18 Agustus 2018. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih