Dispora Kalsel Gelar Pelatihan Organisasi Keolahragaan

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga, Yuyu Rachmad Mulyana mewakili Kadispora menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan manajemen organisasi keolahragaan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 di hotel Mercure Banjarmasin Selasa (30/7/2019). MC Kalsel/tgh

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Pelatihan manajemen organisasi keolahragaan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 di hotel Mercure Banjarmasin, Selasa (30/7/2019).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Hermansyah, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga, Yuyu Rachmad Mulyana.

Menurutnya, pelaksanaan program pelatihan manajemen olahraga dilaksanakan sesuai amanah dari UU No. 4 Tahun 2015 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Mengenai pembinaan bagi para pengurus cabang olahraga mapun pengurus organisasi olahraga untuk mampu menjalankan roda organisasi secara profesional, transparan dan akuntabel.

“Selain amanah UU, target pencapaian dari kegiatan ini adalah, meningkatkan peranan induk organisasi keolahragaan dalam meningkatkan prestasi olahraga di daerah, Meningkatkan kualitas pengelolaan induk organisasi keolahragaan, dan Meningkatkan kompetensi menejemen pengelolaan dan pembinaan organisasi olahraga di daerah,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Peserta pelatihan berfoto bersama dengan panitia usai acra pembukaan Pelatihan manajemen organisasi keolahragaan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 di hotel Mercure Banjarmasin, Selasa (30/7/2019). MC Kalsel/tgh

Selain itu ia mengatakan kemajuan suatu organisasi juga harus menerapkan empat poin dalam tata kelola management, seperti kemandirian dan tidak tergantung pada anggaran pemerintah pusat maupun daerah.
Organisasi juga harus dikelola dengan baik dan modern, lebih akuntabilitas sebagai bentuk tanggungjawab dalam penggunaan anggaran, baik anggaran pemerintah atau masyarakat yang tergabung dalam pembinaan olahraga.

“Setiap organisasi juga harus didukung data penguatan tenaga olahraga seperti kualitas pelatih, wasit, juri dan instruktur yang tersertifikasi standar nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang pembinaan olahraga prestasi, M. Fitri Hernadi mengatakan Pelaksanaan Pelatihan manajemen organisasi keolahragaan, bertujuan untuk meningkatkan manajemen organisasi keolahragaan di Kalsel dengan mencapai prestasi dibidang olahraga yang lebih baik.

“Pelatihan ini dilaksanakan untuk menyatukan pandangan tentang pentingnya manajemen organisasi olahraga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi sehingga dapat melahirkan atlet dan pelatih yang berprestasiā€ ujarnya.

Pelatihan manajemen organisasi olahraga diselenggarakan selama tiga hari dimulai dari tangal 30 juli sampai dengan 1 agustus 2019 dengan peserta sebanyak 50 orang terdiri atas perwakilan Pemprov cabang olahraga se kalsel yang berkompeten dibidang anggaran dan perencanaan yang berbasis informasinya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan