Grand Final Duta GenRe Kalsel Tahun 2019

Sepuluh orang Finalis Duta GenRe Sebelum acara dimulai melakukan sesi foto bersama di Royal Jelita Hotel Banjarmasin, Sabtu (20/7/2019) malam. MC Kalsel/tgh

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel menggelar pemilihan Grand Final Duta GenRe Kalimantan Selatan Tahun 2019 di Royal Jelita Hotel Banjarmasin, Sabtu (20/7/2019) malam.

Kegiatan ini mengusung tema Sakulah, Kuliah, Sarjana, Bagawi, Hanyar Kawin.

Kepala BKKBN Kalsel, Ina Agustina, dalam sambutannya mengatakan, Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

“Program GenRe merupakan wadah mengembangkan karakter bangsa. Sosialisasi menghindari pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza (narkotika dan zat adiktif) agar menjadi remaja tangguh, penerus pembangunan bangsa,” katanya.

Diungkapkannya, usia kawin di Kalsel rata-rata 19 tahun, sedangkan idealnya adalah usia 25-21 tahun. Dengan demikian masih harus disosialiasikan program GenRe.

Sementara itu menurut Ketua GenRe Kalsel, Rian Nor Rizki, awalnya mendaftar 120 peserta, kemudian diseleksi menjadi 40 orang dan pada Grand Final ditampilkan 20 orang terdiri 10 putra dan 10 putri.

“Pada malam grand final ini akan disaring menjadi 10 finalis hingga akhirnya terpilih 2 orang atau sepasang duta GenRe,” ujarnya.

Dua orang finalis Duta GenRe tengah menjawab peetayaan paea juri Grand Final Duta GenRe Kalimantan Selatan Tahun 2019 di Royal Jelita Hotel Banjarmasin, Sabtu (20/7/2019) malam. MC Kalsel/tgh

Selanjutnya, Kabid KSPK, Mila Rahmawati menjelaskan, para peserta adalah anggota aktif dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) baik jalur pendidikan maupun jalur masyarakat.

“Pada pemilihan duta GenRe, syarat usia 16-22 tahun dan belum menikah, mereka wakil PIK dari kabupaten/kota di Kalsel,” jelasnya.

Lanjut Mila mengungkapkan terkait penilaian para juri meliputi etika, program para peserta, public speaking dan lainnya.

“Nantinya pemenang atau Duta GenRe Kalsel 2019 akan diikutsertakan pada Duta GenRe Nasional di Makassar. Sementara pada 2017 kita tidak dapat gelar, pada 2018 dapat gelar Duta Inovator. Harapannya pada 2019 ini wakil kita bisa jadi juara atau Duta Nasional,” pungkasnya.

Adapun yang masuk finalis 10 besar Putra dan Putri adalah Fajar Akbar Maulana, Sukma Jaya, M Huda Inayaturrahman, Muhammad Iqbal Rijani, Danu Dwi Wibowo dan Dindawati Khadijah, Nana Yuniar Wulandari, Tamara Dita WN, Nurul Hikmah, Liha. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan