Dinkes Kalsel Himbau Masyarakat Waspadai Penyakit Saat Musim Kemarau

Waspada terhadap penyakit musim kemarau. MC Kalsel/ist

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Syahriani Nor menghimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan mengantisipasi penyakit-penyakit menular yang biasa terjadi di musim kemarau karena sedikitnya curah hujan dan terbatasnya sumber air.

“Oleh karena itu berbagai penyakit yang berpotensi muncul ketika perubahan musim saat ini yaitu, Influenza, demam, diare, muntaber, infeksi saluran pernapasan (ispa) dan batuk pilek,” Kata Syahriani saat ditemui jurnalis Media Center Provinsi Kalsel di kantor setempat, Jumat (19/7/2019).

Lanjut, Syahriani mengatakan penyakit yang sering terjadi pada musim kemarau ialah penyakit diare dikarenakan keterbatasan sumber air karena curah hujan yang menurun dan terlebih jika air tersebut telah tercemar oleh bakteri e-coli.

Pada kondisi air yang sedikit, konsentrasi kuman atau bakteri dan juga virus akan lebih banyak. Sementara dalam kondisi volume air yang lebih banyak, bakteri cenderung tidak terjangkau saat penggunaan air.

“Pada kondisi yang kering juga bisa memungkinkan partikel debu berterbangan di udara dan menginfeksi organ-organ tubuh manusia yang memiliki kontak dengan bagian luar seperti selaput mata, hidung, ataupun mulut,” jelasnya.

Oleh sebab itu pada musim kemarau dengan kelembaban udara yang kering berisiko terkena penyakit mata, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), ataupun flu.

“Penyakit-penyakit seperti flu, sakit mata, dan campak disebabkan oleh virus dan bakteri yang bisa menular ke orang lain,” tuturnya

Oleh karena itu ia menyarankan untuk menggunakan masker bila berada di luar ruangan, terlebih jika sudah terserang flu sehingga tidak menular ke orang lain.

“Jika campak biasanya terjadi pada anak sekolah sebaiknya tidak masuk sekolah dulu selama masih ada ruam, dan untuk penyakit mata juga jangan sekolah dulu,” ucapnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk mencegah terserang penyakit menular khususnya yang terjadi di musim kemarau dengan menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi agar tidak mudah sakit.

“Selain itu masyarakat juga disarankan untuk menjaga kebersihan untuk menghindari bakteri atau virus yang menjadi penyebab penyakit menular,” pungkasnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan