Peringatan HLUN Ke-23

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Raudatul Wardiah menyerahkan penghargaan berupa sebuah buku kepada perwakilan lansia pada acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tahun 2019 di aula guest house Sultan Sulaiman Martapura, Selasa (16/7/2019). MC Kaslel/tgh

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar memperingati hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 Tahun 2019 di Aula Guest house Sultan Sulaiman, Martapura, Selasa (16/7/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudatul Wardiah mengatakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 Tahun 2019 mengangkat tema “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat”.

“Melalui tema ini diharapkan bangkit kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga, sehat harus dijaga dengan perilaku hidup sehat, dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional,” ucapnya.

Sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud lansia sehat, mandiri, sejahtera dan bermartabat. Oleh karena itu, peringatan HLUN 2019 bertujuan untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara.

“Dan juga tentunya, bertujuan untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dari pusat sampai daerah,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Raudatul Wardiah menyampaikan sambutan pada acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tahun 2019 di aula guest house Sultan Sulaiman Martapura, Selasa (16/7/2019). MC Kaslel/tgh

Lanjut ia mengharapkan kepada semua pihak untuk betul-betul menghadirkan hubungan yang erat, dan peduli antar sesama, khususnya kepada para lansia agar terciptanya suatu keharmonisan, saling menghargai, menghormati satu sama lain, karena para lansia adalah sosok yang memiliki kebijakan kearifan, dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional di masa mendatang.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Maya mengatakan kegiatan ini diikuti 24 puskesmas dan 120 orang peserta lanjut usia yang ada di kabupaten Banjar.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia serta dalam rangka mewujudkan keluarga lansia sehat dan bermartabat,” katanya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan, dan penyerahan buku lansia oleh Ketua Tim Ppenggerak PKK Kabupaten Banjar, Raudatul Wardiah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan