BBPOM : Pentingnya Edukasi Keamanan Bahan Pangan

Beberapa petugas BBPOM Banjarmasin memebrikan edukasi pada acara World Food Safety Day 2019 di halaman Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Minggu (30/6/2019). MC Kaslel/tgh

Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin menggelar World Food Safety Day 2019 di Halaman Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Minggu (30/6/2019). Kegiatan ini mengusung tema keamanan pangan tanggung jawab kita bersama.

Kepala BBPOM Banjarmasin Muhammad Guntur mengatakan tujuan kegiatan ini pertama untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat dan memberikan pemahaman bahwa pentingnya keamanan pangan dan ini memang yang dikonsumsi setiap saat oleh masyarakat kita.

“jadi, selain keamanan kita harus memberi tahukan bahwa mutu pangan itu sangat penting, karena pangan itu hazat hidup orang banyak yang sangat dibutuhkan,” kata Guntur.

Yang tidak kalah penting juga bagaimana masyarakat memahami ketahanan pangan itu, mulai dari mutunya, manfaatnya dan sebagainya.

Usai melaksanakan acara World Food Safety Day 2019 jajaran panitia acara berfoto bersama di halaman Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Minggu (30/6/2019). MC Kalsel/tgh

Oleh karena itu BBPOM Banjarmasin hadir hari ink untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat serta kami juga memiliki mobil laboratorium keliling dan masyarakat juga bisa melakukan pengecekan sempel makanan secara gratis.

“Mobil ini juga befungsi untuk mengetahui sempel makanan yang mengandung zat berbahaya seperti makanan yang mengandung zat perwarna, pengawet makanan, borak, formalin, dan sebagainya, serta juga memberikan informasi kepada masyarakat agar berhati – hati dalam membeli makanan olahan,” jelasnya.

Lanjut Guntur juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah, untuk bersama bersinergi mengawal keamanan pangan di Indonesia khususnya di kalsel baik melalui pembinaan maupun pengawasan.

“Bersama kita wujudkan Indonesia yang maju, terdepan dengan tingkat keamanan pangan yang unggul.” pungkasnya

Peserta kegiatan diikuti sebayak 160 orang melibatkan unsur Provinsi dan masyarakat dan kegiatan ini juga dirangkaian dengan jalan santai bersama, melakukan kominikasi edukasi dengan mobil laboratorium keliling, lomba keamanan pangan, artikel-artikel bertapa pentingnya mengetahui keamanan pangan secara total. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan