Banjarmasin Belum Ada Laporan Indikasi Cacar Monyet

Kadis kesehatan Kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi saat ditemui dikantornya terkait pembahasan Cacar Monyet, Jumat(17/5/2019). Mc Kalsel/Rns

Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia diresahkan oleh penyakit baru langka yang disebut Cacar Monyet atau Monkeypox. Monkeypox sendiri adalah suatu penyakit baru yang ditularkan melalui gigitan binatang yang sifatnya pengerat.

Kadis kesehatan Kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi saat ditemui dikantornya, Jumat (17/5/2019) mengatakan bahwa Kota Banjarmasin sesuai dengan surat instruksi kementerian kesehatan melakukan kewaspadaan dini. Pihaknya telah menginstruksikan seluruh Kepala Puskesmas untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat berkaitan penyakit baru tersebut.

“Berdasarkan data pemantauan di lapangan belum ada indikasi atau laporan masyarakat yang diduga terindikasi Cacar Monyet atau Monkeypox” ujar Machli.

Ciri-ciri Cacar Monyet secara umum mirip dengan Cacar biasa ataupun Cacar air tetapi juga ditandai tanda khusus yaitu sakit kepala yang hebat dan demam tinggi. Kategori virus Cacar Monyet ini tentu membahayakan dengan catatan orang bisa kena yang mana daya tahan tubuhnya lemah.

“Himbauan kepada masyarakat berkaitan wabah penyakit dibeberapa negara tetangga yaitu dengan peningkatan daya tahan tubuh” tambahnya.

Dinas Kesehatan juga bersinergi dengan Kepala Puskesmas dan juga Ketua RT untuk melakukan himbauan kepada masyarakat. Puskesmas juga diminta untuk memasang Pamflet dan penyuluhan yang diagendakan berkala. Mc Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih