Khataman dan Imtihan Al-Qur’an 161 Siswa Ukhuwah Banjarmasin

Suasana khidmat khataman dan imtihan Al-Qur’an oleh 161 siswa SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin, Sabtu (16/3/2019). MC Kalsel/Jml

Suasana khidmat mulai terasa ketika 161 siswa kelas 3 hingga 6 SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin melantunkan ayat suci Al-Qur’an pada kegiatan Khataman dan Imtihan Al-Qur’an di GOR Ukhuwah Banjarmasin, Sabtu (16/3/2019).

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin, Rafi’ah Hidayati mengatakan kegiatan khataman dan imtihan ini sudah dilaksanakan sebanayak 6 kali. Untuk mengikuti kegiatan khataman dan imtihan Al-Qur’an, 161 siswa tersebut harus melalui tahap seleksi terlebih dahulu.

“Setelah lulus tahap seleksi mereka akan mengikuti pelatihan dengan metode Ummi di Yayasan Ummi Surabaya. Ada 5 kategori yakni tartil tahfidz, tahfidz Juz 30, tahfidz 29, tahfidz 28, dan tahfidz 27” jelasnya.

Ditambahkannya, pembelajaran dengan penggunaan metode UMMI di SD Islam Terpadu Ukhuwah ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 sampai 2019.

“Peserta pembelajaran dengan metode UMMI di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin terus mengalami perkembangan, yang pada tahun 2016 sebanyak 501 orang meningkat menjadi 1070 orang pada tahun 2018” imbuhnya.

Sementara menurut salah satu orang tua siswa, Abdurahmman merasakan perasaan aman, nyaman, dan terjamin ketika menitipkan anaknya di Ukhuwah Banjarmasin ini.

“Selama bersekolah di Ukhuwah Banjarmasin ini, shalat anak-anak saya terjamin, bacaan Al-Qur’an nya pun juga bagus” katanya.

Ia juga merasa pendidikan agama Islam yang diajarkan di sekolah juga terbawa sampai ke rumah. Bahkan setiap menjelang shalat subuh anaknya selalu mengetuk pintu kamarnya mengajak shalat berjamaah ke mesjid.

“Saya sebagai orang tua sangat bersyukur anak-anak saya bisa dididik di Ukhuwah Banjarmasin ini, karena anak yang soleh dan solehah dapat menuntun orang tuanya ke arah yang baik” ujarnya sembari terisak menahan air mata. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih