Adipura Banjarmasin Keempat

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (tengah)

Banjarmasin, Lagi-lagi Kota Banjarmasin raih Piala Adipura untuk yang ke Empat kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada hari Senin (14/1) kemarin.

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang diterima langsung oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi oleh Ketua DPRD Kota Banjarmasin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin

Hari ini, Selasa (15/1/2019) Piala Adipura keempat itu tiba di Bandara Syamsudin Noor pada pukul 14:30 Wita, pada pukul 15:00 Wita dilakukan penyambutan di Komplek Citra Land KM. 8,3 oleh Sekretaris Daerah beserta seluruh Kepala SKPD, pukul 15:30 Wita tiba di Siring Pemko dan dilakukan upacara penyerahan.

Ibnu Sina berikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait perolehan piala Adipura keempat ini, “Atas nama pemerintah Kota Banjarmasin, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah mendukung program Banjarmasin Baiman sehingga tahun (2018) ini kita mendapatkan kembali piala Adipura yang keempat kalinya.”

Selanjutnya, Piala Adipura ini merupakan sebuah apresiasi tertinggi kepada kota-kota yang peduli dengan kebersihan kotanya dan Banjarmasin yakin dan percaya, ikhtiar bersama selama ini, perjuangan bersama selama ini dan semua pihak bahu-membahu mewujudkan kota Banjarmasin yang bersih akhirnya berbuah penghargaan.

Piala Adipura ini menurut Ibnu, hanyalah sebuah penghargaan yang sifatnya fisik saja, “sesungguhnya menurut pengalaman dan pemahaman bahwa piala Adipura yang sesungguhnya adalah ada dalam perilaku dan di dalam jiwa seluruh warga Kota Banjarmasin untuk membuang sampah pada tempatnya, untuk tidak membuang sampah ke sungai dan untuk membuang sampah sesuai dengan waktu-waktu dan tempatnya,” lanjut Ibnu dalam sambutannya pada upacara penyerahan.

Upaya optimis Kota Banjarmasin tetap berharap kiranya tahun depan dapat mempertahankan jika perlu ada peningkatan sehingga bisa memperoleh piala Adipura Kencana.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu berbangga bahwa dalam pelaksanaan penyerahan penganugerahan tersebut tidak hanya diperoleh Piala Adipura saja, namun juga ada penghargaan lainnya.

“Banjarmasin tahun ini juga meraih Green Leadership untuk kepala daerah dan pimpinan DPRD seluruh Indonesia, kita mendapatkan penghargaan kedua yaitu penghargaan untuk kinerja pengurangan sampah terbaik dari sebelas kota di Indonesia, atas pelarangan penggunaan kantong plastik di minimarket dan pasar modern,” ucap Ibnu.

Usai upacara penyerahan dilakukan, dilanjutkan dengan mengarak Piala Adipura bersama warga dengan jalur darat dan jalur sungai.

Jalur Sungai dibagi dua, pertama dimulai dari Siring Pemko menuju Benua Anyar dan kembali ke Pemko dan kedua dengan arah ke Mantuil kemudian kembali ke Siring Pemko.

Jalur darat dimulai dari depan Pemko menuju jalan Sutoyo, jalan Jafri Zam-zam, jalan Belitung, jalan S. Parman, jalan Hasan Basry, jalan Sultan Adam, jalan Benua Anyar, jalan Gatot Subroto, jalan A. Yani, jalan Pangeran Antasari, jalan KS Tubun, jalan Pelabuhan Lama dan kembali ke Pemko. Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan