Upaya Pemkot Banjarmasin Kurangi Sampah

Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin. MC Kalsel/rmd

Berbagai cara dilakukan Pemko Banjarmasin untuk mengurangi jumlah sampah plastik, selain dengan melarang penggunaan kantong plastik di ritel modern yang terbaru kini Pemko Banjarmasin menggalakkan gerakan membawa botol ke tempat kerja dan sekolah.


“Gerakan ini sebagai upaya mengurangi sampah plastik secara masif di Kota Banjarmasin,” kata Ibnu Sina usai memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kampung Melayu Laut, Selasa (08/01/2018).
Ibnu menambahkan memang untuk menggalakkan gerakan ini tidak mudah, harus ada kesadaran dari masyarakat dan sosialisasi yang masif.
Menurut dia, dalam waktu yang tidak lama lagi, Pemkot akan membagikan seribu tumblr atau botol minum ke sekolah-sekolah, sehingga mereka bisa membawa bekal minum sendiri dari rumah.


Saat ini, tambah dia, Pemkot telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh sekolah di Banjarmasin, agar kebijakan tersebut segera disosialisasikan ke siswa maupun orang tua.


Kebijakan tersebut, juga telah disosialisasikan ke hotel-hotel, agar bisa mengurangi memanfaatkan air minum kemasan.


“Diharapkan, melalui gerakan tersebut, akan mampu mengurangi sampah plastik, baik yang dibuang ke perairan maupun di sekitar lingkungan,” pungkasnya. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan