Mahasiswa Pascasarjana Uniska, Unair dan Unibraw Gelar Diskusi Ilmiah

Diskusi ilmiah oleh mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAAB, dengan mahasiswa pascasarjana dari dua perguruan tinggi ternama di Jawa Timur, Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya, Kamis (8/11). MC Kalsel/Akz

Diskusi ilmiah sekaligus field research, dilakukan mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAAB, dengan mahasiswa pascasarjana dari dua perguruan tinggi ternama di Jawa Timur, Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya.

Setidaknya ada sekitar 70 mahasiswa-mahasiswi pasca sarjana Ilmu Komunikasi Uniska berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, 7-8 November 2018.

Di hari pertama, diskusi ilmiah dilakukan mahasiswa magister Ilmu Komunikasi Uniska MAAB dengan civitas Magister Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya. Masing-masing dua perwakilan mahasiswa menyampaikan karya ilmiahnya yang kemudian menjadi bahan diskusi.

Kepala Departemen Komunikasi FISIP Unair, Dr Yayan Sakti Suryandaru SSos MSi yang secara langsung menyambut kedatangan rombongan mahasiswa pascasarjana Ilkom Uniska mengungkapkan rasa bangganya, karena dipilih sebagai partner diskusi ilmiah.

“Semoga dengan silaturahmi ini, ke depannya terjalin kerja sama yang baik antar Unair dan Uniska,” ungkapnya.

Di hari kedua, diskusi ilmiah dilanjutkan para mahasiswa magister Ilkom Uniska dengan civitas magister Ilkom Universitas Brawijaya (UB) di gedung pascasarjana setempat. Kedatangan rombongan juga mendapat sambutan hangat dari Ketua Jurusan Pasca Ilkom UB Dr Antoni SSos MSi, dan Ketua Prodi Rachmat kriyantono PhD.

Diskusi ilmiah di UB mengangkat tema era digital dan tantangan dunia kerja. Selain itu, dalam kesempatan ini para civitas juga mendapat kuliah tamu oleh Elske Van de Fliert, Ph.D dari University of Queensland.

Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Uniska Banjarmasin, Dr Marhaeni Fajar Kurniawati MSi menjelaskan, kegiatan Field Research ke kampus pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang ini, merupakan yang pertama kali dilakukan.

Tujuannya adalah, agar mahasiswa pascasarjana Ilkom Uniska bisa melihat kegiatan belajar mengajar di kampus yang masuk 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain juga agar mahasiswa dapat mengikuti perkembangan ilmu komunikasi yang dinamis.

“Semoga setelah kegiatan Field Research ini, mahasiswa pasca sarjana Ilmu Komunikasi kita dapat mengerjakan tugas akhirnya dengan bahan penelitian yang lebih mendalam lagi,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pasca Sarjana Uniska Banjarmasin Dr Khuzaini MM dan Wakil Rektor I Uniska Banjarmasin Dr Jarkawi M,MPd yang ikut mendampingi Field Research Magister Ilmu Komunikasi Uniska Banjarmasin ini mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan positif bagi perkembangan mahasiswa. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa dicontoh oleh Prodi lain di Uniska(banjarmasinpost.co.id/ rendy nicko)-MC.Kalsel/Akz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan