Senam Sasirangan

Warga Kecamatan Banjarmasin Tengah foto bersama dengan Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina serta dan Ketua TP PKK Banjarmasin, Hj Siti Wasilah serta pejabat Pemko Banjarmasin. MC Kalsel/tgh

Ratusan warga Kecamatan Banjarmasin Tengah bersama Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua TP PKK Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengikuti senam basasirangan beserta pejabat Pemko Banjarmasin.

Senam sasirangan ini dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi ke-492 Kota Banjarmasin, yang  bertempat di Siring Bekantan, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Jumat (7/9).

“Senam yang memiliki unsur olahraga sehat tersebut, dipadukan dengan nilai budaya melalui pakaian sasirangan yang dikenakan saat senam itu,” kata Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina pada saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Ibnu mengatakan Senam Basasirangan ini tidak hanya ciri khas Banjarmasin, tetapi juga menjadikan simbol kebersamaan di usia Banjarmasin yang sudah tua.

“Oleh sebab itu dengan menonjolkan budaya khas kota Banjarmasin yaitu Sasirangan, karena sekali lagi kita mengetahui, bahwa Sasirangan itu multifungsi bukan hanya untuk even resmi atau untuk bekerja sehari-hari, tetapi juga bisa untuk dipakai berolahraga dengan baju kaos yang bermotifkan sasirangan,” ucapnya.

Sementara itu Camat Banjarmasin Tengah H Diyanoor mengungkapkan, dalam event hari ini sebanyak 125 paket doorprize disediakan untuk para lanjut usia dan masyarakat sekitar agar mendapatkan kebahagiaan dan kegembiraan dalam acara yang diselenggarakan.

“Memang banyak hadiah yang kita sediakan untuk memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin dan terbukti ratusan warga ikut berpartisipasi dalam kegiatan kita olahraga yang mengusung kebudayaan,” katanya.

Menurutnya kegiatan senam basasirangan memang sengaja digelar di Siring Bekantan. “Kebetulan wilayah kita yang sangat banyak sekali menunjukkan ciri khas kota Banjarmasin yang sebentar lagi berulang tahun, contohnya sungai, maskot bekantan, serta didukung peserta dengan pakaian sasirangan,” terangnya.

Selain Kegiatan senam basasirangan panitia juga mengadakan lomba menangkap dan memindahkan belut, serta lomba katapel yang diikuti seluruh warga Banjarmasin yang ingin berpartisipasi dengan tempat yang sama di siring Bekantan Banjarmasin Tengah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan