Pelantikan Kepala Desa di Kabupaten Banjar

Bupati Kabupaten Banjar, H Khalillurrahman (kiri) melantik 20 orang Kepala Desa (Pembakal) yang terpilih pada pemilihan Tahun 2019 se Kabupaten Banjar, di Gedung Mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Kamis (6/9). MC Kalsel/scw

Bupati Kabupaten Banjar, H Khalillurrahman melantik 20 Kepala Desa (Pembakal) di Kabupaten Banjar. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Kamis (6/9).

Pada acara tersebut juga para Kepala Desa (Pembakal) melakukan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Banjar, H Khalillurrahman, dan didampingi pasangan masing – masing. Kepala Desa juga mendapatkan ucapan selamat oleh Bupati Banjar, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Waka Polres Banjar, Dandim 1006 dan Pejabat lainnya.

Khalillurrahman mengatakan bahwa tugas dan kewajiban pembakal memang tidak mudah selain memimpin penyelenggara Pemerintah Desa juga mempuyai tugas membina masyarakat desanya dan memberikan pelayanan serta mengayomi masyarakat.

Bupati juga berpesan kepada para Kepala Desa (Pembakal) yang baru dilantik, jalankan tugas dengan sebaik – baiknya serta manfaatkan dana desa dengan bijak untuk pembangunan di desanya.

“Perkembangan desa merupakan fondasi sebagai tolak ukur perkembangan pemerintah,” Ucap Bupati

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat Kabupaten Banjar H. Aspihani mengatakan tentunya adanya pemimpin baru juga menjadi peluang adanya perangkat desa baru.

Melihat hal itu  Aspiani menerangkan kemungkinan adanya perombakan kepala desa tidak ada terlebih pada akhir 2017 dan awal 2018 lalu para aparat desa sudah ditetapkan.

“Penjaringan aparat desa sudah dilakukan sebagai aparat desa maka tidak ada istilah jaman kepala desa siapapun,” jelasnya.

Namun ada pengecualian ketika aparat atau perangkat desa melanggar aturan hukum maka bisa saja diikrarkan penetapannya kemudian diberhentikan.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan penyematan pangkat jabatan dan berikan ucapan selamat kepada Kepala Desa (Pembakal) yang baru saja dilantik oleh Bupati Kabupaten Banjar. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan