Kalsel Tuan Rumah Festival Pesona Borneo 2018

H Difriadi Darjat, Ketua Adat Dayak Kalsel. MC Kalsel/rmd

Dalam waktu dekat Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan kedatangan sesikitnya 2 ribu orang yang akan mengikuti Festival Pesona Budaya Borneo II tahun 2018.

Persiapan perhelatan akbar yang dipusatkan di Gubernuran Kalimantan Selatan, Banjarmasin pada 11-15 Agustus ini, makin disempurnakan. Apalagi, even ini tak hanya diikuti lima provinsi di Pulau Kalimantan, namun juga dihadiri wakil dari negara-negara sahabat.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus memantapkan persiapan menjelang Festival Pesona Budaya Borneo II tahun 2018. Ajang itu dipusatkan di halaman kantor lama Gubernur Kalsel Jalan Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin pada 11-15 Agustus 2018.

Ketua Pelaksana FPBB II, Ramon, mengatakan festival akan dibuka oleh Presiden Masyarakat Adat Dayat Nusantara (MADN) Cornelis MH. Selain itu, panitia mengundang 9 Duta Besar dari Venezuela, Panama, Kazakstan, Peru, Croasia, Belarusia, Yaman, Pakistan, dan Meksiko.

“Serta masyarakat Dayak yang ada di Negara Serawak Malaysia dan Brunei  Darussalam. Para kabinet kerja RI, serta Gubernur se Kalimantan, Ketua DAD Provinsi se-Kalimantan, tokoh-tokoh  adat dan pengusaha se-Kalimantan,” kata Ramon, Jum’at (10/08).

Ketua Adat Dayak Kalsel H Difriadi Darjat berharap, kegiatan ini merupakan representasi terhadap kekayaan dan kearifan lokal masyarakat Kalimantan baik dalam bentuk seni budaya dan kultur pembaruan  yang dijiwai semangat  Bhineka Tunggal Ika.

“Kegiatan ini merupakan sarana promosi  dan publikasi seni dan budaya masyarakat  Kalimantan. Selain sebagai sarana promosi  dan potensi seni dan budaya  masyarakat  Kalimantan,” kata Difriadi Darjat.

Kata Difriadi, Festival Pesona Budaya Borneo bertujuan membangun  komunikasi  strategis  pemasaran  produk daerah di semua sektor tingkat nasional dan internasional. Ia ingin meningkatkan kreatifitas masyarakat bidang pengembangan IPTEK, seni, budaya, membangun daya saing ekonomi msayarakat Kalimantan, dan sarana hiburan interaksi bersifat edutaiment kepada masyarakat luas.

Berbagai jenis kegiatan akan ditampilkan di Festifal Pesona Budaya Borneo 2 di antaranya pentas seni budaya dan pariwisata yang menampilkan berbagai kesenian tari tradisi, kreasi, melukis perisai, memahat talawang, menyumpit, melukid diatas kumpai, kuliner daerah, balogo, bagasing, desain laung, pameran produk unggulan dan lomba foto pesona.

Terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Faisal Rizani mengungkapkan adanya dukungan sejumlah pihak sangat membantu perhelatan ini lancar dan sukses.

“Lewat even ini, kami akan mempromosikan sejumlah objek wisata yang ada di Kalimantan Selatan. Sebab, Kalsel tak hanya mengandalkan sumber daya alam, tapi sektor pariwisata juga terus dikembangkan,” kata Faisal Rizani. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan