Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Dasar Pelayanan Hotel dan Restoran

Sektor pariwisata pada tahun-tahun ini terbukti telah mampu mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mempu menggerakan perekonomian masyarakat disegala lapisan dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat sekaligus mampu mendorong pertumbuhan pembangunan dan pengembangan wilayah.

Demikian yang diutarakan oleh Kepala Bidang Industri Kelembagaan Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nellawati pada pembukaan kegiatan pelatihan dasar pelayanan hotel dan restoran tahun 2018 di Hotel Grand Central, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Senin (6/8) lalu.

Menurut Nella, pengembangan sektor pariwisata membutuhkan dukungan dari berbagai pihak tak terkecuali pembangunan pariwisata yang ditujukan langsung kepada Sumber Daya Manusia (SDM) secara luas.

“Tujuan dari pelatihan dasar ini ialah untuk meningkatkan kualitas SDM dalam memberikan pelayanan kepada konsumen di bidang hotel dan restoran yang memiliki standar pelayanan, sehingga kedepannya akan menjadi identitas dari hotel ataupun restoran itu sendiri” ujarnya.

Dalam upaya mengembangkan dan membangun sektor pariwisata di Kalsel, Nella menuturkan diperlukan pendekatan persuasif kepada masyarakat khususnya para pelaku pariwisata yang merupakan ujung tombak keberhasilan dan kemajuan pariwisata di Kalsel.

“Dengan meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, dan kemampuan pelaku usaha melalui pelatihan dasar pelayanan hotel dan restoran ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu suatu usaha pariwisata di Kalsel” pungkasnya.

Pada kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini para peserta akan mendapatkan materi pelatihan berupa kebijakan penyelenggaraan sertifikasi usaha pariwisata, standarisasi usaha pariwisata, dan hospitally industry, yang dibawakan oleh narasumber dari PAHRI Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan