Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) – Kampung Baiman

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan sambutan pada acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) – Kampung Baiman, di kawasan Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (26/6). (humpro-bjm) MC Kalsel/tgh

Pemko Banjarmasin bersama BKKBN dan Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat, Kota Banjarmasin menggelar Kegiatan  Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) – Kampung Baiman, di kawasan Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (26/6).

Dengan terbentuknya Kampung KB di Bulan Juni 2018 ini menargetkan ada Kampung KB – Kampung Baiman di kawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan, maka total jumlah kampung yang terbentuk di Kota  Banjarmasin kini menjadi delapan buah.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam sambutannya mengatakan Kampung KB  – Kampung Baiman merupakan salah satu inovasi strategis, untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program KKBPK secara utuh di lini lapangan.

Oleh karena itu kampung ini, merupakan upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari dan oleh masyarakat.

Selanjutnya tujuan pembentukan Kampung KB – Kampung Baiman secara umum untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung, melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Karena itu, ia mengingatkan agar para Lurah, RT dan RW untuk selalu mendukung pelaksanaan program Pemko Banjarmasin terkait dengan pemberian akte kelahiran gratis, kartu identitas anak gratis, KTP gratis dan lainnya.

“Saya ingin di Kampung KB, Kampung Baiman, program fisik dan non fisik masuk dalam kegiatan prioritas, mulai pendidikan, kesehatan, hingga program 100-0-100 dari kementerian PUPR, termasuk aspek perencanaan hingga Musrenbang,” ucapnya

Mudah-mudahan, dengan adanya kampung tersebut bisa menjadi model keterpaduan program pemerintah daerah dan pusat.

Sementara itu, Kepala BKKBN perwakilan Kalsel, Ina Agustina mengatakan, pembentukan Kampung KB, Kampung Baiman bertujuan untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk, serta meningkatkan kualitas penduduk.

“Hal tersebut tidak dapat dilakukan sendiri oleh BKKBN, karena itu Presiden memandang perlu adanya kerjasama semua sektor dalam pembangunan Kampung KB,” katanya

Diharapkan dengan diresminya kampung tersebut, pembinaan terhadap KB akan dilaksanakan dengan keterpaduan sektor lain.(humpro-bjm) MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *