Tipelogi Polda Kalsel Resmi Jadi Tipe A

Wakil Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Syafruddin (depan) lakukan pemeriksaan barisan peserta Upacara Pengukuhan Peningkatan Polda Kalsel dari Tipe B menjadi Tipe A di lapangan Mako Brimob Polda Kalsel, Banjarbaru, Kamis (24/5). Mc Kalsel / Fuz

Tepat pukul 16.30 Wita tipelogi Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan resmi naik menjadi tipe A yang mulanya tipe B. Perubahan tipelogi ini sudah sesuai dengan jumlah masyarakat Kalsel yang cukup memadai yakni hampir empat juta jiwa, selain itu menyangkut stabilitas keamanan dan luas wilayah.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Syafruddin dalam upacara pengkuhan peningkatan tipelogi Polda Kalsel, di Halaman Mako Brimob, Banjarbaru, Kamis (24/5).
Meskipun tipe Polda Kalsel sudah naik menjadi tipe A, menurut Wakapolri, Polda Kalsel ternyata masih kekurangan personil, tak tanggung-tanggung hingga 9000 personil. Karena idealnya Polda bertipe A diperkuat sekitar 18 sampai 20 ribu personil.
“Walaupun Polda Kalsel kekurangan 9000 personil, tetapi semangatnya sudah tipe A, jadi sudah tidak ada alasan lagi” ujarnya.
Meskipun begitu, Mantan Kapolda Kalsel ini meminta kepada jajaran Polda Kalsel harus tetap memberikan pelaynan publik secara optimal dan mudah kepada masyarakat. Kinerja penegakan hukum juga harus profesional, penanganan kamtibmas harus optimal dan dapat menghadirkan negara untuk memberikan rasa aman di Provinsi Kalsel.
“Capaian ini bukanlah tujuan akhir, tapi awal untuk menguatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai harapan masyarakat kepada institusi Polri” tuturnya.
Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang turut hadir pada upacara pengukuhan tersebut mengatakan, kenaikan tipelogi Polda Kalsel ini merupakan sesuatu yang membanggakan. Ini merupakan hadiah bagi Provinsi Kalsel karena telah berhasil menjaga suasana yang kondusif.
“Diharapkan dengan kenaikan ini meningkatkan kepercayaan masyarakat Kalsel kepada Polda Kalsel dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Karena tidak ada kesejahteraan hadir tanpa kondisi yang aman, nyaman terkendali dalam suatu daerah” pungkas Sahbirin.
Selain Polda Kalimantan Selatan, ada 3 Polda lainnya yang juga mengalami kenaikan tipelogi menjadi tipe A diantaranya Polda Jambi, Polda Kalimantan Tengah, dan Polda Nusa Tenggara Barat. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *