292 Prajurit Mulai Jalani Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD di Rindam VI/Mulawarman

Upacara pembukaan pendidikan tamtama berlangsung di lapangan kejujuran markas Rindam VI Mulawarman Banjarbaru, Senin (23/4). MC Kalsel/scw

Komandan Rindam VI Mulawarman, Kolonel Inf Iwan Ma’ruf Zainuddin secara resmi membuka pendidikan pertama tamtama TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2018.

Upacara pembukaan pendidikan tamtama berlangsung di lapangan kejujuran markas Rindam VI Mulawarman Banjarbaru, Senin (23/4).

Komandan Rindam VI Mulawarman, Kolonel Inf Iwan Ma’ruf Zainuddin dalam sambutannya mengatakan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2018 ini diikuti oleh 292 orang yang telah dinyatakan lulus seleksi secara ketat melalui beberapa tahapan, mulai dari tingkat daerah sampai dengan pusat meliputi administrasi, kesehatan, jasmani, psikologi, dan wawancara mental ideologi.

Menurutnya dalam pelaksanaan pendidikan untuk membentuk prajurit tamtama akan dilakukan sistem Tri Pola Dasar Pendidikan yaitu, pertama memiliki sikap dan prilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, kedua memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan tamtama dan ketiga memiliki jasmani yang samapta.

“Ketiga pola tersebut merupakan pedoman dasar untuk membentuk karakter prajurit TNI AD dalam proses pendidikan yang akan dilaksanakan,” katanya.

Menurutnya, tujuan pendidikan tahap pertama ini untuk mampu melakukan perubahan dalam cara berpikir, bersikap dan bertingkah laku dari masyarakat biasa menjadi seorang prajurit TNI AD yang tanggap, tanggon dan trengginas serta mampu mengaplikasikan kemampuan dan keterampilan dasar keprajuritan.

Oleh karena itu sebagai pedoman yang harus dipegang prajurit siswa agar dapat melaksanakan pendidikan, para prajurit harus mampu melaksanakan semua kewajiban dengan penuh keikhlasan, ketekunan, ketaatan, ketabahan dan kesadaran yang tinggi serta mematuhi aturan yang disampaikan Gumil maupun pelatih dengan sebaik – baiknya.

Saya mengharapkan kalian dapat memahami, menghayati dan mengamalkan disiplin sebagai sandi utama kehidupan prajurit serta mengamalkan sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan Negara.

“Kesemuanya itu para prajurit siswa terima selama pendidikan pembentukan calon tamtama di Rindam VI Mulawarman,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan berkaitan proses pendidikan kalian selama di Rindam untuk dapat lulus dalam pendidikan diperlukan kesiapan mental, fisik, semangat dan kerja keras.

“Manfaatkan waktu untuk senantiasa belajar dan berlatih serta mempraktekkan pengetahuan maupun keterampilan yang telah diterima, untuk itu kalian harus mengikuti seluruh kegiatan tersebut  dengan motivasi yang tinggi serta mendengarkan arahan pelatih dan instruktur,” ucap iwan.

Selanjutnya apabila terdapat materi yang tidak jelas atau sulit untuk dipahami segera tanyakan kepada para Gumil dan pelatih.

“Untuk itu saya menghimbau kepada para siswa agar berupaya selama mengikuti pendidikan bisa menjaga kesehatan, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personil/material dalam setiap melaksanakan kegiatan” pungkasnya (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan