Kirab Parpol Dengan Susur Sungai

Seluruh Partai Politik peserta Pemilihan Umum tahun 2019 mengikuti Kirab Partai Politik menggunakan perahu (klotok) menyusuri Sungai Martapura hingga Sungai Barito, Minggu (8/4). Masing-masing parpol menghiasi klotoknya dengan berbagai peraga kampanye partai. Mc Kalsel / Fuz

Masyarakat Kalimantan Selatan yang dikenal erat kehidupan sungai menjadi inspirasi bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kalimantan Selatan untuk menggelar kirab partai politik peserta Pemilu 2019 di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Minggu pagi (8/4/2018).

Kegiatan yang dipusatkan di Siring Menara Pandang, Jalan Pierre Tenderan itu, bertujuan mengenalkan partai politik peserta Pemilihan Legislatif 2019 mendatang. Peserta pawai memakai tumpangan perahu klotok— perahu tradisional dengan mesin tempel di buritan.

Ketua KPUD Provinsi Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram, menuturkan kirab parpol susur sungai melibatkan pengurus 15 partai politik yang sudah dinyatakan lulus verifikasi oleh KPU RI. Di antaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat.

Selain mengenalkan partai politik peserta Pemilu 2019, Samahuddin berharap pawai susur sungai mampu meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya dari kalangan pemilih yang tinggal di pinggiran sungai.

“Jika dikalkulasi secara matematika, dari 500 ribu pemilih di Kota Banjarmasin saja, sekitar 100 ribu pemilih di antaranya berada di kawasan tersebut (bantaran sungai),” ujar Samahuddin ketika melepas pawai parpol.

Kirab mengambil rute menyusuri Sungai Martapura dan Sungai Barito dengan belasan perahu motor yang sudah dihias dan dimodifikasi agar lebih menarik perhatian pengunjung Siring Pierre Tendean.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, melepas peserta kirab dengan didampingi petugas kepolisian untuk pengamanan. Ia berharap pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 diikuti dengan integritas tinggi dari seluruh pihak untuk menciptakan iklim politik yang kondusif seperti yang sudah berlangsung di Kalimantan Selatan.

Melalui kirab yang melibatkan kearifan lokal daerah, Sahbirin Noor berharap tingginya partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya ketika Pemilu 2019.

Adapun Ketua KPU RI, Arief Budiman, dijadwalkan ikut menyemarakkan pawai susur sungai tersebut. Namun gagal hadir setelah kerusakan landasan pacu di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru berimbas pada penundaan jadwal penerbangan dari dan ke Syamsudin Noor. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan