Sejarah Kota Banjarmasin Akan Dikumpulkan Dalam Museum

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina akan membuat museum khusus untuk menampung artefak dan situs sejarah perjalanan Kota Banjarmasin tempo dulu sampai sekarang. MC Kalsel/rmd

Banjarmasin,

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina berniat membuat museum tentang sejarah Kota Banjarmasin. Hal ini bertujuan untuk menyatukan arsip dan artefak peninggalan sejarah yang masih tersebar di berbagai tempat.

“Banjarmasin ini merupakan kota tua, umurnya sudah 491 tahun tapi jejak sejarahnya masih terpisah-pisah, makanya kami berniat menyatukannya dalam satu museum,” ungkap Ibnu Sina, Rabu (14/1).

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pihak Pemko Banjarmasin sudah menyiapkan salah satu rumah adat banjar yang berada di daerah pekauman,” Rumah itu berada lahan yang sudah dibebaskan pemko, dan didalamnya pun sudah tersimpan beberapa pusaka yang bagus untuk dipajang,” ungkapnya.

Ditambahkan Ibnu, museum sangat penting untuk mendukung keberadaan arsip dan data yang saat ini dimiliki Dinas Perpustakaan dan Arsip Banjarmasin, sekaligus mendukung Banjarmasin sebagai Kota Pusaka,” Banjarmasin kan anggota dari JKPI    ( Jaringan Kota Pusaka Indonesia), makanya kita sangat perlu mempunyai museum,” tambah Ibnu.

Dengan bantuan semua pihak, ia berharap bisa mewujudkan pembangunan museum, “Mungkin meriam juga akan di letakkan disana, dan untuk sementara kami sudah meminta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk mengumpulkan arsip digital dan dijadikan bahan tayang dulu,” pungkasnya. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan