Kepala BAPPEDA Kalsel : Fokus Pembangunan Kalsel 2019 Dialihkan ke Sektor Utama Non Tambang

Kepala BAPPEDA Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira saat memberikan paparan terkait prioritas pembangunan daerah pada kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalsel tahun 2019 di Auditorium BAPPEDA Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/2). MC Kalsel/Jml

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalsel tahun 2019 di Auditorium BAPPEDA Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/2).

Kepala BAPPEDA Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan pendekatan penyusunan RKPD  2019 Provinsi Kalsel dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan Money Follow Program.

“Penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan holistik-tematik, integratif dan spasial dengan memperhatikan pengendalian perencanaan, perkuatan perencanaan dan penganggaran RKPD 2019, perkuatan berbasis kewilayahan, dan perkuatan integrasi sumber pendanaan” ujarnya.

Lebih jauh Fajar menjelaskan, seperti kita ketahui pada tahun 2014-2016 pertumbuhan perekonomian Kalsel jatuh ketika Pemerintah Provinsi Kalsel masih mengandalkan sektor pertambangan pada saat itu, karena harga komuditas tambang jatuh dipengaruhi ekonomi dunia.

Oleh karenanya, fokus pemabangunan Kalsel tahun 2019 dialihkan dari sektor pertambangan ke sektor utama non tambang seperti pertanian, kehutanan, perikanan; industri pengolahan non migas; perdagangan; penyediaan akomodasi makanan dan minuman; serta transportasi dan pergudangan .

“Kelima sektor ini yang nantinya akan kita dorong lebih kuat lagi, sehingga bisa menggatikan sektor pertambangan” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Sekda Provinsi Kalsel, Siswansyah mengatakan Kalsel sudah semestinya melepas ketergantungan tambang secara bertahap. “Untuk merencanakan Kalsel ramah lingkungan hal tersebut sudah semestinya kita lakukan, namun tidak bisa secara langung tetapi harus bertahap” katanya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih